Pengembangan expert system dalam perencanaan pengendalian kimiawi untuk mendukung program pengendalian hama terpadu pada tanaman Brassica oleracea L.

Wardhani, Ni Wayan Surya, Rahmi, Nur Silviyah, Lestantyo, Prayudi and Sovia, Nabila Ayunda (2023) Pengembangan expert system dalam perencanaan pengendalian kimiawi untuk mendukung program pengendalian hama terpadu pada tanaman Brassica oleracea L. Research Report. FMIPA Universitas Brawijaya. (Unpublished)

[img] Text
18398.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Akhir-akhir ini konsumsi mayarakat akan sayuran dan buah-buahan semakin meningkat terlebih karena adanya himbauan untuk meningkatkan kesehatan agar tidak mudah terkena penyakit. Karenanya diperlukan suatu usaha untuk meningkatkan produksi hortikultura. Produk hortikultura yang sangat potensial untuk ditingkatkan adalah jenis sayuran, salah satu diantaranya adalah tanaman kubis bulat (Brassica oleracea L.) Namun produksi kubis dapat menurun disebabkan banyak hal diantaranya yang utama adalah serangan hama ulat kubis (P. xylostella). Hama ini menyerang daun dimana bagian tanaman ini merupakan bagian penting untuk dikonsumsi. Serangan dari hama ini sangat sulit dikontrol karena memiliki daya tahan tinggi terhadap perubahan cuaca dan aplikasi insektisida yang dilakukan secara periodik. Aplikasi pestisida seharusnya tidak dilakukan sembarangan mengingat residu yang berpeluang besar tersisa pada daun disamping itu hama menjadi resisten dan memungkinkan terjadinya resurgensi serta kerusakan lingkungan. Pada penelitian ini akan dikembangkan suatu sistem yaitu Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System atau DSS) untuk menduga seberapa jauh kerusakan daun berdasarkan citra foto, sehingga dapat diputuskan apakah aplikasi pestisida sudah diperlukan saat itu. Pada citra foto akan terlihat berapa banyak lubang yang dapat digunakan untuk menduga seberapa besar kerusakan pada daun yang layak konsumsi. Hasil foto ini akan digunakan untuk melihat tingkat kerusakan dan keputusan diperlukan atau tidaknya aplikasi pestisida. Diharapkan petani dapat memanfaatkan sistem ini sehingga frekuensi aplikasi pestisida dapat dikurangi selain untuk mengurangi residu juga akan mengurangi biaya produksi kubis. Hasil dari penelitian ini adalah tentang pengembangan expert system dalam perencanaan pengendalian kimia untuk mendukung program pengendalian hama terpadu pada tanaman Brassica oleracea L. Kegiatan penelitian dilakukan di wilayah Batu dan Poncokusumo untuk pengumpulan data. Penelitian ini fokus pada pengembangan sistem deteksi hama pada tanaman kubis menggunakan citra foto dan pengendalian hama terpadu. Mereka menggunakan model Convolutional Neural Network (CNN) untuk mengklasifikasi serangan hama kubis dengan akurasi 92% dan merancang aplikasi mobile untuk analisis data secara terus menerus. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa model CNN efektif dalam mengklasifikasi serangan hama kubis dan aplikasi mobile yang dikembangkan dapat membantu dalam analisis serangan hama kubis.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Expert System; Pengendalian Hama
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080199 Artificial Intelligence and Image Processing not elsewhere classified
10 TECHNOLOGY > 1002 Environmental Biotechnology
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Prayudi Lestantyo
Date Deposited: 21 Feb 2024 15:37

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item