Asesmen kebutuhan pembiayaan sekolah studi mutisitus di sekolah menengah pertama Kota Malang

Sutrisno, Sutrisno (2024) Asesmen kebutuhan pembiayaan sekolah studi mutisitus di sekolah menengah pertama Kota Malang. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
18419.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Membahas pendidikan erat hubungannya dengan pembiayaan pendidikan, karena hal tersebut merupakan salah satu pilar penting agar proses belajar mengajar tetap berlangsung. Undang-undang dasar di Indonesia telah mengamanatkan bahwa semua warga negara wajib mendapatkan pendidikan, minimal pendidikan dasar sembilan tahun. Konsekuensi dari amanat undang-undang ini adalah bahwa pemerintah harus memberikan fasilitas dan menanggung biaya pendidikan dasar tersebut. Komitmen itu dibuktikan dengan ditetapkannya anggaran untuk pendidikan adalah 20% baik dari APBN maupun dari APBD.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan lebih mendalam dan menemukan faktor-faktor pendukung terkait kebutuhan pembiayaan asesmen di tiga sekolah menengah pertama negeri di kota Malang. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis dimensi-dimensi apa saja yang sangat mendukung dalam peroses asesmen pembiayaan dalam institusi tersebut.

Untuk mengungkap beberapa dimensi-dimensi tersebut, maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan multi situs dan deskriptif. Sementara, teknik yang digunakan dalam penggalian data terkait tema penelitian yakni teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan teknik dokumentasi.

Setelah melalui teknik penggalian data untuk mendapatkan informasi, maka peneliti menyimpulkan bahwa ada empat hal utama yang menjadi kesuksesan dalam asesmen kebutuhan pembiayaan sekolah. Pertama, identifikasi urgensitas pengalokasian pembiayaan pendidikan yang diserap. Kedua, analisis kebijakan dalam penetapan prioritas utama unsur-unsur pembiayaan pendidikan harus diperhatikan agar tepat sasaran dan sesuai dengan visi dan misi instansi. Ketiga, mampu menaksir dan mengidentifikasi sumber-sumber yang menghasilkan untuk pembiayaan pendidikan. Keempat, instansi beserta stakeholders mengikut sertakan masyarakat dalam rancangan, dan proses pembiayaan pendidikan.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Asesmen Kebutuhan Pembiayaan Sekolah; Sekolah Menengah Pertama Negeri; Malang
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: sutrisno sutrisno
Date Deposited: 27 Feb 2024 14:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item