Pembaharuan Metodologi Studi Islam di Jurusan Orientalis Leipziq Jerman (sertifikat hak cipta)

Muhammad Aunul Hakim, Miftahul Huda, Mashudi, Eckehard Schulz (2023) Pembaharuan Metodologi Studi Islam di Jurusan Orientalis Leipziq Jerman (sertifikat hak cipta). 000467242.

[img] Text
18427.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembabagan baru dalam dunia Pendidikan di Barat dapat dimulai dari bagaimana Orientalis merasuk kedalam metodologi Studi Islam. Diantara hasil temuan pengkajian dan kritik sumber dapat diterminasi menjadi 4 metodologi dalam Studi Islam, diantaranya:
1. Studi Islam di Universitas Leipzig pada jurusan orientalis Leipzig Jerman dengan metode kajian dan terjemah manual teks klasik dari Bahasa Arab ke Bahasa Jerman berupa terjemah secara langsung (fauri) maupun terjemah secara lisan (kitabi). Metode ini lebih berorientasi pada tujuan eksplorasi dan pemahaman khazanah Islam dari sumber teks otoritatif semisal qur’an, hadist, tauhid,d fikih dan sejarah Islam
2. Pembaharuan metode Studi Islam di jurusan orientalis berubah dari metode teks ke metode teknologi, yaitu studi Islam dilakukan dengan sumber media teknologi modern bahkan berbasis online dengan ketuntasan belajar dan pendampingan secara individu. Dengan demikian studi islam berorientasi bukan untuk memahami Islam saja, melainkan untuk mendapatkan peluang kerja di negara-negara yang berbasis Islam atau mayoritas penduduknya Islam baik dalam bidang kesehatan, perdagangan ataupun peluang kerja yang lainnya.
3. Implikasi pembaharuan metode studi Islam bagi mahasiswa orientalis adalah; mempercepat pencapaian kompetensi penguasaan Bahasa arab sebagai modal kajian studi Islam; memberikan pembelajaran berbasis langsung seperti video vonverence dengan dunia timur tengah dan ruang lingkup penelitan Kawasan menjadi lebih luas bertaraf internasional serta jejaring internasiaonal melalui muktamar dan kerjasama internasioal pada negera Islam.
4. Implikasi pada Pendidikan Islam di Indonesia yaitu dapat memperkaya model kajian dan penelitian Islam dalam perspektif orientalis sebagai sudut pandang out sider. Bahasa arab bisa diorentasikan tidak saja sebagai Bahasa agamis akan tetapi sebagai kebutuhan pragmatis untuk membidik peluang kerja dalam berbagai sector; ekonomi, pollitik, budaya dan Pendidikan, serta mendukung gerakan realisasi kongkrit internasionalisasi Bahasa arab.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Metodologi; Studi Islam; Orientalis
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Dr M. Aunul Hakim
Date Deposited: 23 Feb 2024 21:56

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item