Illa, Hafitta and Surur, Misbahus ORCID: https://orcid.org/0000-0002-9370-5004 (2024) Pendidikan karakter dalam anime: Analisis psikologi tokoh Naruto pada serial anime Naruto. Jurnal Sakura: Sastra, Bahasa, Kebudayaan dan Pranata Jepang, 6 (1). pp. 29-42. ISSN 26231328
|
Text
18487.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (450kB) | Preview |
Abstract
Anime Naruto adalah salah satu anime yang dapat dijadikan sebagai sebuah tontonan edukasi yang menunjang kita dalam mengajarkan pendidikan karakter pada generasi muda. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis segi psikologi karakter utama anime Naruto serta mengetahui pengaruh anime Naruto dalam membentuk karakter dan nilai-nilai pada penontonnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data tonton-simak-catat dan baca-catat. Dari penelitian ini ditemukan bahwa ada beberapa aspek psikologi dari karakter Naruto, yakni 1) kesepian dan rasa penolakan, 2) kepedulian sosial, 3) motivasi dan tekad, 4) perkembangan diri, 5) keberanian dan kepercayaan diri, 6) empati, dan pengaruh anime tersebut dalam membentuk karakter dan nilai-nilai pada penontonnya, yaitu 1) nilai ketekunan, 2) nilai persahabatan, 3) nilai perdamaian, 4) serta nilai keberanian untuk menentang ketidakadilan. Kesimpulan yang didapatkan bahwa karakter Naruto menunjukkan perjalanan hidup yang kaya dalam hal psikologi, dari masa kecil yang sulit hingga perkembangan diri yang kuat. Selain itu, Anime Naruto juga dapat menginspirasi dan membentuk karakter serta nilai-nilai pada penontonnya.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Anime; pendidikan karakter; psikologis |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200518 Literature in Japanese |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters |
Depositing User: | Misbahus Surur |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 13:00 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |