Senam pagi sebagai upaya meningkatkan kebugaran dan interaksi sosial masyarakat Desa Asrikaton Kabupaten Malang

Yulianti, Eny ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4182-7720, Fitriyah, Ulil, Ro’iyah, Maulidhotur, Fadlan, Mochamad Lailul, Haq, Naufal Rizqi, Majdi, Dani Sanaya, Al-Rosyid, Ahmad Taufiqurrahman, Zahra, Audy Az, Hakim, Sofwatul Widad and Zamroni, Anits (2023) Senam pagi sebagai upaya meningkatkan kebugaran dan interaksi sosial masyarakat Desa Asrikaton Kabupaten Malang. Surya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5 (2). pp. 88-97. ISSN 25484397 (e.); 2460576X (p.)

[img]
Preview
Text
18493.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (402kB) | Preview

Abstract

Senam pagi merupakan aktivitas fisik yang telah lama dikenal memiliki manfaat positif bagi kesehatan individu. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efek dari programsenam pagi terhadap kebugaran dan interaksi socialmasyarakat di Desa Asrikaton, Kabupaten Malang. Studi ini melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat desa, yang terdiri dari berbagai kelompok usia. Program senam pagi diadakan secara rutin setiap haridan dibantuoleh instruktur yang berpengalaman dalam bidangnya. Dalam periode penelitian, data kesehatan dan kekeluargaan dikumpulkan melalui survei, observasi, dan wawancara dengan peserta senam pagi.Hasil pengamatan oleh kelompok KKM UIN Maulana MalikIbrahim Malang,menunjukkan bahwa mayoritas peserta senam berusia25-39tahun, mayoritas masyarakat DesaAsrikaton berolaharaga hanya 1 kali dalam seminggu, program senam pagi memiliki dampak positif signifikan pada kesehatan fisik dan mental masyarakat di Desa Asrikaton. Terjadi peningkatan yang nyata dalam tingkat kebugaran fisik, penurunan tingkat stres, dan peningkatan dalam perasaan kebersamaa, interaksi sosialdan kekeluargaan. Partisipasi dalam senam pagi juga berkontribusi pada peningkatan kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat.Dengan demikian, senam pagi bukan hanya sebagai upaya meningkatkan kesehatan masyarakat, tetapi juga membantu mempererat hubungan kekeluargaan melaluiinteraksi sosial dalam komunitas Desa Asrikaton. Penelitianini memberikan dasar yang kuat untuk mendukung dan mendorong kegiatan senam pagi dalam masyarakat desa sebagai bagian dari upaya kesehatan dan kebersamaan masyarakat yang lebih luas.

Item Type: Journal Article
Keywords: Senampagi; kebugaran; interaksi sosial
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111799 Public Health and Health Services not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: Eny Yulianti
Date Deposited: 07 Mar 2024 13:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item