Manajemen Program Bimbingan Belajar Bahasa Arab Berbasis Blended Learning Bagi Mahasiswa

Maftukah, Nuriatul and Mufidah, Nuril (2024) Manajemen Program Bimbingan Belajar Bahasa Arab Berbasis Blended Learning Bagi Mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 5 (1). pp. 63-72. ISSN 2715-9213

[img] Text
18512.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Lembaga bimbingan belajar Bangsal Sinau merupakan salah satu program bimbingan bahasa Arab dasar. Pembelajaran dilaksanakan secara luring dan daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses menejemen program berdasarkan prinsip-prinsip manajemen. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Teori yang digunakan yaitu prinsip manajemen menurut Henry Fayol yang terdiri dari prinsip pembagian tugas, disiplin, kesatuan arah, dan inisiatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data utama yaitu bimbel Bangsal Sinau. Hasil penelitian menunjukkan bimbel Bangsal Sinau menerapkan prinsip pembagian kerja dalam bentuk pengelompokan pengajar sesuai bidang kemahiran/ skill bahasa yang dikuasai. Prinsip disiplin diinterpretasikan dengan pengajar yang tidak pernah telat masuk mengajar baik secara daring maupun luring, serta
manajer yang selalu mengingatkan para pengajar melalui grup WhatsApp. Prinsip kesatuan arah berupa penentuan model pengajaran yaitu diskusi kelompok, dan penggunaan bahan ajar yang sama. Prinsip inisiatif diterapkan pada inovasi pembuatan akun intagram yang baru dirilis awal tahun 2023 yaitu @bangsal.sinau, serta adanya inovasi proses pembuatan modul ajar pribadi yang menyesuaikan kebutuhan siswa. Penerapan prinsip-prinsip inilah yang mejadikan program ini
terjaga kualitasnya dan tetap eksis diminati oleh mahasiswa.

Item Type: Journal Article
Keywords: bahasa, blended, manajemen program, prinsip
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Dr Nuril Mufidah
Date Deposited: 14 Mar 2024 10:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item