Kegiatan Fun Lughawi berbasis Metode Belajar Ibnu Sina

Atiqur Rohman, Hamidi and Mufidah, Nuril (2023) Kegiatan Fun Lughawi berbasis Metode Belajar Ibnu Sina. Ma'arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 2 (1). pp. 25-28. ISSN 2830-0971

[img] Text
18522.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (324kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana penerapan metode belajar Ibnu Sina dalam kegiatan fun lughawi. Artikel ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif jenis kepustakaan(libary research). Sumber data yang digunakan berasal dari buku, jurnal, karya ilmiah, dan lain sebagainya. Subject penelitian ini mahasiswa yang mengikuti kegiatan fun lughawi tahun 2022-2023. Hasil dari penelitian ini yaitu diantara 7 metode belajar Ibnu Sina(metode talqin, demonstrasi, keteladanan dan kebiasaan, diskusi, magang, pemberian tugas, tarhib dan targhib.) terdapat 3 metode yang di terapkan; 1. Metode talqin, musrif membacakan kosa kata terlebih dahulu dan mahasiswa mendengarkan kemudian menyebutkannya juga sehingga mahasiswa menghafal kosa kata tersebut. 2. Metode demonstrasi, mahasiswa diharuskan menggunakan kosa kata yang telah diberikan musrif sebelumnya. 3. Metode tarhib dan targhib, metode ini berupa pemberian hadiah dan hukuman, jika mahasiswa mengikuti kegiatan fun lughawi dan menampilkan penampilan yang bagus maka akan diberikan hadiah, dan jika tidak mengikuti kegiatan tersebut akan dikenai hukuman sperti menulis wirdul lathif.

Item Type: Journal Article
Keywords: Kegiatan fun lughawi; Metode belajar Ibnu Sina
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Dr Nuril Mufidah
Date Deposited: 15 Mar 2024 10:02

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item