Upaya peningkatan ketrampilan Istima’ siswa melalui lomba Ghyna Araby

Istiqomah, Istiqomah and Mufidah, Nuril (2023) Upaya peningkatan ketrampilan Istima’ siswa melalui lomba Ghyna Araby. Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 4 (1). pp. 52-67. ISSN 27458423

[img] Text
18523.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (965kB)

Abstract

Ghina’ Aroby adalah menyanyikan lagu menggunakan bahasa Arab. Tujuan penelitian ini untuk melengkapi penelitian sebelumnya, mengetahui bagaimana peningkatan ketrampilan istima’ siswa melalui lomba ghina’ aroby serta mengetahui kesulitan-kesulitannya. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan istima’ siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan tercapainya tujuan pembelajaran keterampilan istima’. 1) Siswa mampu menyimak, perhatian dan terfokus pada materi yang didengar. 2)
Siswa mampu mengikuti apa yang didengar dan menguasainya sesuai dengan tujuan menyimak. 3) Siswa mampu memahami apa yang didengar dari ucapan penutur dengan cepat dan tepat. 4) Menambah kosakata baru. Adapun kesulitan siswa dalam mengikuti lomba ghina aroby yaitu: 1) Merasa kesulitan dalam menghafalkan lirik lagu yang berbahasa Arab karena bahasa Arab memang bukan bahasa kesehariannya. 2) Merasa
kesulitan dalam melafalkan lirik lagu, dikarenakan ada beberapa kata atau kalimat yang asing, misalnya lagu yang menggunakan bahasa Arab 'ammiyah. 3) kurangnya latihan 4) kurangnya penguasaan kosakata

Item Type: Journal Article
Keywords: Ghina’ Aroby; ketrampilan Istima’
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Dr Nuril Mufidah
Date Deposited: 15 Mar 2024 10:24

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item