Monograf bakteri asam laktat versus patogen : Tinjauan potensi antibakteri isolat bakteri asam laktat terhadap Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Klebsiella pneumoniae

Firdausy, Alif Firman ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7373-0336 (2024) Monograf bakteri asam laktat versus patogen : Tinjauan potensi antibakteri isolat bakteri asam laktat terhadap Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Klebsiella pneumoniae. Deepublish, Malang. ISBN 978-623-02-8137-2 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
18550.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Agaknya telah jamak diketahui secara luas bahwa susu fermentasi memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Manusia di berbagai belahan dunia secara turun-menurun telah mewariskan pengetahuan ini hingga di era modern seperti sekarang. Ada berbagai jenis minuman hasil fermentasi susu, diantaranya adalah kefir dan yoghurt. Kefir merupakan produk fermentasi susu yang mengandung kultur bakteri asam laktat (BAL) serta ragi/khamir sebagai starter, sedangkan yoghurt hanya mengandung bakteri asam laktat tanpa bantuan khamir di dalamnya. BAL dalam produk susu fermentasi yoghurt dan kefir memiliki peran yang luar biasa dalam memperkaya properti fisikokimia dan bioaktivitasnya melalui produksi senyawa- senyawa metabolit aktif. Salah satu bioaktivitas yang ditunjukkan oleh matabolit BAL adalah sebagai antibakteri. Buku ini menyajikan temuan-temuan hasil penelitian yang telah penulis lakukan sepanjang 2021 hingga 2022, khususnya dalam membuktikan potensi antibakterial sejumlah isolat BAL yang berhasil diisolasi dari produk susu fermentasi baik yang berasal dari daerah dataran tinggi maupun dataran rendah di Kota dan Kabupaten Malang. Selain itu, dibahas pula pengaruh penambahan ekstrak inulin umbi dahlia (Dahlia sp. L) sebagai prebiotik ditinjau dari karakteristik fisikokimia kefir. Aktivitas antibakteri isolat BAL yang dibahas dalam buku ini khususnya dalam menghambat pertumbuhan patogen Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Klebsiella pneumoniae.

Item Type: Book
Keywords: Bakteri Asam Laktat; Staphylococcus aureus; Escherichia coli; Klebsiella pneumoniae
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060501 Bacteriology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1101 Medical Biochemistry and Metabolomics
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1108 Medical Microbiology
Divisions: Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Pharmacy
Depositing User: Alif Firman Firdausy
Date Deposited: 03 Apr 2024 09:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item