Pendampingan program kompetisi sains madrasah bidang Biologi Integrasi melalui model continous block bagi guru dan siswa MAN 3 Bojonegoro

Sutiah, Sutiah and Supriyono, Supriyono (2024) Pendampingan program kompetisi sains madrasah bidang Biologi Integrasi melalui model continous block bagi guru dan siswa MAN 3 Bojonegoro. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 30 (2). pp. 261-268. ISSN 25027220

[img] Text
18567.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (800kB)

Abstract

Program KSM menjadi tantangan bagi lembaga madrasah untuk terus meningkatkan mutu pendidikannya dengan memberikan pengalaman berharga dan bermanfaat bagi pengembangan diri peserta didik. Madrasah dengan karakteristik pendidikan yang memadukan antara ilmu keislaman dan sains diharapkan mampu bersaing secara terbuka dalam masyarakat global dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, dan teknologi. Pengabdian pendampingan KSM ini dilaksankan pada siswa MAN 3 Bojonegoro bertujuan untuk tranfer pengetahuan kepada guru dalam meningkatkan kompetensi dan kesiapan siswa mengikuti KSM melalui inovasi pembelajaran Model Continous Block pendampingan sukses KSM Bidang Biologi integrasi mencakup biologi Sel molekuler, mikrobiologi dan bioteknologi, anatomi dan fisiologi tumbuhan, anatomi dan fisiologi hewan, genetika dan evolusi, etologi, ekologi dan biosistematik. Pengabdian ini menggunakan metode analisis PAR dalam kegiatan yang meliputi Survei analaisis kebutuhan menentukan model, FGD Stakeholde, Penyusunan rencana aksi, Penyediaan rancangan inovasi continous block model, Evaluasi, Refleksi, Tindak lanjut program. Hasil Pendampingan (1) terjadi transfer pengetahuan kepada guru dan siswa dalam analisi materi berbasis soal-soal HOTs dan KSM serta alih teknologi pengembangan evaluasi berbasis CBT. Model Pelaksanaan dilakukan dengan karatina secara intensif dalam tempat, waktu dan materi dan target yang ditentukan. Pembinaan diawali dari pretes, pendalaman materi sesuai kisi-kis KSM, penyelesaian soal-soal Hots berbasis kisi-kisi KSM, Post tes, refleksi dan pembahasan soal, dan dikahiri dengan Tryout (2) Terjadi peningkatan pemahaman dan penyelesaian soal-soal berbasis olimpiade dan KSM,namun semangat atau motivasi siswa masih kurang stabil sehingga berpengaruh terhadap continuitas peningkatan hasil tryoutnya.(3) terjadi kolaboratif dan support atau dukungan dari semua pihak, baik pimpinan madrasah, guru Pembina, wali murid dan siswa dalam mendukung kesuksesan program pendampingan Sukses KSM sehingga mencapai keberhasilan baik ditingkat kabupaten/kota, propinsi dan nasional.

Item Type: Journal Article
Keywords: Higher Order Thinking Skills; Integrasi Ilmu Keislaman dan Sains; Karya Tulis Ilmiah Siswa; Kolaborasi; Partisipatif Action Research
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080309 Software Engineering
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Supriyono Supriyono
Date Deposited: 29 Apr 2024 14:17

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item