Ridho, Ali (2012) Penjaminan mutu instrumen pengukuran nilai-nilai kepemimpinan di lembaga pendidikan. In: Islamic management & quality culture: proceeding book. UIN-Maliki Press, Malang, pp. 233-243. ISBN 978-602-958-454-7 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
|
Text
1864.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Beberapa model nilai-nilai kepemimpinan dipaparkan. Pengukuran terhadap nilainilai kepemimpinan umumnya dilakukan melalui wawancara, pengamatan perilaku, ataupun kuesioner (tes). Penjaminan mutu dilakukan untuk memastikan skor yang dihasilkan oleh pengukuran mampu berfungsi sebagaimana mestinya, disebut sebagai validasi. Beberapa model validasi dikemukakan. Validasi yang komprehensif, merangkum berbagai konsep sebelumnya adalah konsepsi validasi yang dikemukakan oleh Embretson (2007). Proses ini berupaya menemukan bukti-bukti validnya skor yang dihasilkan oleh alat ukur. Bukti-bukti penjaminan mutu ini dilakukan melalui serangkaian penelitian yang melibatkan banyak pihak yang berkepentingan, memerlukan waktu yang panjang, biaya yang tidak murah. Ilustrasi dalam menjamin mutu pengukuran kepemimpinan transformasional dikemukakan dalam tulisan ini.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Keywords: | penjaminan mutu; validasi skor; kepemimpinan transformasional |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | Dr. Ali Ridho |
Date Deposited: | 01 May 2017 08:33 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |