Penjaminan mutu instrumen pengukuran nilai-nilai kepemimpinan di lembaga pendidikan

Ridho, Ali (2012) Penjaminan mutu instrumen pengukuran nilai-nilai kepemimpinan di lembaga pendidikan. In: Islamic management & quality culture: proceeding book. UIN-Maliki Press, Malang, pp. 233-243. ISBN 978-602-958-454-7 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
1864.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Beberapa model nilai-nilai kepemimpinan dipaparkan. Pengukuran terhadap nilainilai kepemimpinan umumnya dilakukan melalui wawancara, pengamatan perilaku, ataupun kuesioner (tes). Penjaminan mutu dilakukan untuk memastikan skor yang dihasilkan oleh pengukuran mampu berfungsi sebagaimana mestinya, disebut sebagai validasi. Beberapa model validasi dikemukakan. Validasi yang komprehensif, merangkum berbagai konsep sebelumnya adalah konsepsi validasi yang dikemukakan oleh Embretson (2007). Proses ini berupaya menemukan bukti-bukti validnya skor yang dihasilkan oleh alat ukur. Bukti-bukti penjaminan mutu ini dilakukan melalui serangkaian penelitian yang melibatkan banyak pihak yang berkepentingan, memerlukan waktu yang panjang, biaya yang tidak murah. Ilustrasi dalam menjamin mutu pengukuran kepemimpinan transformasional dikemukakan dalam tulisan ini.

Item Type: Book Section
Keywords: penjaminan mutu; validasi skor; kepemimpinan transformasional
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Dr. Ali Ridho
Date Deposited: 01 May 2017 08:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item