Mahfud, Fakhris Khusnu Reza, Hariyanto, Wahyu ORCID: https://orcid.org/0009-0000-7566-2488 and Puspitadewi, Ganis Chandra (2024) Analisis tren calon presiden Indonesia 2024. Jurnal Mnemonic, 7 (1). pp. 71-76. ISSN 26144808
Text
18824.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (470kB) |
Abstract
Pemilihan umum merupakan agenda lima tahunan bagi masyarakat Indonesia. Pada masa pencalonan ini para calon presiden dan wakil presiden melakukan kampanye secara konvensional maupun modern. Kampanye secara modern dilakukan pada media sosial salah satunyatwitter. Salah satu hasil kampanye tersebut akhirnya akan membentuk opini publik tentang popularitas calon presiden dan wakil presiden yang berasal dari media sosial twitter juga. Data yang tidak terstruktur dan tingginya dimensi menjadi tantangan dalam penelitian ini. Penelitian ini dimulai dengan studi literatur, identifikasi permasalahan, pengumpulan data berupa scrapping pada twitter, pengolahan dan analisis data, serta langkah terakhir penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh sebanyaksebanyak 2298 tweet, yang dibagi menjadi 80% data latih dan 20% data uji. Pada tahapan pengolahan data penelitian ini menggunakan klasifikasi Naïve Bayes untuk membentuk model klasifikasi, berdasarkan model tersebut diperoleh nilai akurasi 83%, presisi 84%, dan recall 83%
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | naïve bayes; opinion mining; twitter |
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Technology > Department of Library and Information Science |
Depositing User: | Ganis Puspitadewi |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 22:48 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |