Supervisi pendidikan Islam era disrupsi

Hambali, Muh. and Supriyono, Supriyono (2024) Supervisi pendidikan Islam era disrupsi. IRCiSoD, Sampangan Gg. Perkutut No.325-B Jl. Wonosari, Baturetno Banguntapan Yogyakarta. ISBN 978-623-8108-61-9 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
18834.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Supervisi merupakan hal penting dalam dunia pendidikan yang dilakukan dalam rangka memberikan layanan bimbingan kepada guru, kepala sekolah/madrasah, maupun manajemen sekolah/madrasah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kompetensi mereka. Namun, beberapa kalangan menyebut bahwa keberadaan supervisi pendidikan justru dikatakan terlambat. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, antara lain adalah karena pembahasan supervisi pendidikan masih belum tuntas dari tuntutan teori sekaligus praktiknya. Sebelum dikenal istilah supervisi, para administrator sebelumnya mengenal konsep inspeksi. Dalam perkembangan selanjutnya, meskipun konsep inspeksi dikategorikan sebagai model supervisi yang bersifat klasik, namun secara praktik terdapat pertentangan yang cukup tajam antara supervisi dan inspeksi. Dalam inspeksi, prinsip yang mendominasi adalah tekanan yang diberikan oleh pemegang kekuasaan kepada pihak yang dikuasai, dan biasanya bersifat otoriter.

Item Type: Book
Keywords: Supervisi; Pendidikan Islam; Era Disrupsi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Islamic Education Management
Depositing User: Muh. Hambali
Date Deposited: 02 May 2024 14:00

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item