Strategi menemukan topik ide penelitian bagi siswa di madrasah

Munawaroh, Diah Ambarumi ORCID: https://orcid.org/0000-0003-3322-517X (2022) Strategi menemukan topik ide penelitian bagi siswa di madrasah. Jurnal Teknologi Pembelajaran (JTeP), 2 (1). pp. 27-33. ISSN 27764214

[img] Text
18853.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (420kB)

Abstract

Penyusunan Karya Tulis di Indonesia selama ini diberikan pada mahasiswa Perguruan Tinggi sedangkan bagi siswa usia 13-15 tahun (SMP) belum diajarkan karena dianggap belum cukup mampu dalam melakukan penelitian. Kementrian Agama RI memfasilitasi kegiatan tersebut dengan Program Madrasah Riset Nasional yang bertujuan menanamkan proses menulis dan meneliti sejak dini pada siswa madrasah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi menemukan ide penelitian bagi siswa dalam pembelajaran riset pada tiga madrasah riset di Propinsi Jawa Timur.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif studi multi- situs (multy-site studies) bertujuan untuk mempelajari secara intensif interaksi lingkungan, posisi serta keadaan lapangan unit penelitian secara apa adanya (Salladien, 2004). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, serta dokumentasi kepada guru dan siswa yang dipilih secara acak. Lokasi penelitian pada 3 madrasah riset yaitu MTsN 1 Kota Malang, MTsN Kota Batu dan MTsN 2 Kota Kediri, selama 3 bulan 2-3 hari per minggu selama 2-4 jam per hari, mulai tanggal 3 januari 2020 sampai 17 april 2020.

Temuan dalam penelitian ini, perbedaan teknik mendapatkan ide penelitian pada tiga madrasah merupakan kegiatan yang terintegrasi saling melengkapi mendorong siswa untuk berfikir kritis dan kreatif dalam mencari solusi permasalahan penelitian. Memunculkan inspirasi ide bagi siswa kelas 7 penuh tantangan karena pertama kali diperkenalkan dengan penelitian dan membutuhkan pendampingan intens guru. Teknik dalam mendapatkan ide penelitian siswa menghasilkan banyak ide-ide penelitian original siswa secara berkesinambungan.

Item Type: Journal Article
Additional Information: Dampak menggali ide penelitian adalah menyiapkan siswa untuk mencari informasi melalui literatur riview. Perbedaan teknik mendapatkan ide penelitian diatas merupakan kegiatan yang terintegrasi saling melengkapi mendorong siswa untuk berfikir kritis dan kreatif dalam mencari solusi permasalahan penelitian. Memunculkan inspirasi ide bagi siswa kelas 7 penuh tantangan karena pertama kali diperkenalkan dengan penelitian dan membutuhkan pendampingan intens guru. Kegiatan ini memudahkan mereka saat kelas 8 dan 9 karena sudah mendapatkan pondasi di awal dan terbiasa melakukan penelitian. Teknik dalam mendapatkan ide penelitian siswa menghasilkan banyak ide-ide penelitian original siswa secara berkesinambungan. Perlakuan guru dalam mendapatkan ide penelitian siswa melalui peka pada permasalahan lingkungan.
Keywords: Strategi; Topik Penelitian; Ide Penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan
Depositing User: Diah Ambarumi Munawaroh
Date Deposited: 16 May 2024 10:16

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item