Implementasi silent demonstration pada Open Learning Environments (OLEs) sebagai penguatan keterampilan 4C

Munawaroh, Diah Ambarumi ORCID: https://orcid.org/0000-0003-3322-517X (2021) Implementasi silent demonstration pada Open Learning Environments (OLEs) sebagai penguatan keterampilan 4C. J-PIPS: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 7 (2). pp. 70-79. ISSN 26145480

[img] Text
18859.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (314kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi Silent Demonstration pada Open Learning Environments dan bagaimana kegiatan tersebut dapat mengintegrasikan siswa untuk berfikir kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan peneliti pendekatan kualitatif fenomenologis dengan mendeskripsikan tingkah laku, tanggapan, tindakan individu dan kelompok dalam bentuk kata-kata dan bahasa, secara alamiah (natural). Teknik pengumpulan data melalui observasi pada kelas VIII G dan VIII H, wawancara mendalam pada guru mata pelajaran dan ketua kelompok sejumlah 14 siswa dan dokumentasi selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian adalah Implementasi silent demonstration pada OLEs menarik perhatian siswa melalui pengamatan dalam memahami kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Kegiatan pembelajaran ini mengintegrasikan keterampilan terpadu antara Silent Demonstration yang menarik perhatian siswa melalui pengamatan dan Open Learning Environtments (OLEs) yang menyajikan konteks perspektif sumber daya alam dari lingkungan untuk membangun berbagai sudut pandang melalui alat/media sebagai upaya menguatkan pembelajaran 4C (berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif).

Item Type: Journal Article
Additional Information: Kesimpulan diambil berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi silent demonstration pada OLEs menarik perhatian siswa melalui pengamatan dalam memahami kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Kegiatan pembelajaran ini mengintegrasikan keterampilan terpadu antara Silent Demonstration yang menarik perhatian siswa melalui pengamatan dan Open Learning Environments (OLEs) yang menyajikan konteks perspektif sumber daya alam dari lingkungan untuk membangun berbagai sudut pandang melalui alat/media sebagai upaya menguatkan pembelajaran 4C (berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif).
Keywords: Silent Demonstration; Open Learning Environments (OLEs); Keterampilan 4C
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan
Depositing User: Diah Ambarumi Munawaroh
Date Deposited: 16 May 2024 10:36

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item