Sari, Nanda Khafita and Nur, Muhammad Amin (2024) Manajemen humas dalam mengembangkan marketing lembaga pendidikan di SMK Sultan Al-Yasini. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7 (1). pp. 14-19. ISSN 26148854
Text
18959.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (211kB) |
Abstract
Lembaga pendidikan islam dapat mempertahankan eksistensinya dengan adanya peran humas dalam menjalin mitra dan membuat inovasi sehingga pemasaran jasa pendidikan dapat optimal untuk menarik minat calon peserta didik. Hal lain yang juga harus dilakukan adalah mengidentifikasi pendukung dan penghambat yang dapat mempengaruhi kinerja humas dalam lembaga pendidikan. Penelitian ini membahas tentang pemasaran jasa pendidikan di SMK Sultan Al-Yasini dan inovasi dalam pengembangan marketing lembaga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer terdiri dari wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat, kepala sekolah, dan staf hubungan masyarakat. Sumber data sekunder adalah dokumentasi dan data observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil studi menunjukkan bahwa peran humas dalam manajemen pemasaran layanan pendidikan adalah, 1) Partisipasi manajemen humas dalam pengembangan marketing lembaga pendidikan; 2) Komunikasi satu sama lain dan dapat memberikan umpan balik; 3) Evaluasi yang dilakukan setiap selesai pelaksanaan manajemen pemasaran layanan pendidikan.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Public Relations Management; Marketing; Role |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Islamic Education Management |
Depositing User: | Muhamad Amin Nur |
Date Deposited: | 15 May 2024 13:09 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |