Aktivitas Antibakteri dan Antibiofilm Nanopartikel Ag/N-TiO2 terhadap Multi-drug Resistant Klebsiella pneumoniae pada Material Kateter Silikon

Firdausy, Alif Firman ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7373-0336 (2024) Aktivitas Antibakteri dan Antibiofilm Nanopartikel Ag/N-TiO2 terhadap Multi-drug Resistant Klebsiella pneumoniae pada Material Kateter Silikon. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
18985.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kasus resistensi antibiotik pada infeksi Klebsiella pneumoniae (K. pneumoniae) menjadi permasalahan yang serius terutama dalam 20 tahun terakhir (Arnold et al., 2011; David et al., 2019; ECDC, 2019). Ditemukannya sejumlah strain K. pneumoniae penghasil Extended Spectrum β-lactamase (ESBL) dan carbapenemase di banyak tempat di seluruh dunia menjadikan kasus infeksi Enterobacteriaceae, termasuk K. pneumoniae, diklasifikasikan ke dalam kategori prioritas pertama/critical patogen resisten oleh WHO yang harus segera ditemukan solusinya (Tacconelli et al., 2018). Infeksi multi-drug resistance (MDR) K. pneumoniae dapat terjadi secara oportunistik, transmisi komunitas, hingga infeksi nosokomial (Clegg and Caitlin N. Murphy, 2016). Dilaporkan bahwa persebaran K. pneumoniae penghasil carbapenemase (Klebsiella pneumoniae producing carbapenemase/KPC) utamanya terjadi di rumah sakit melalui perantara peralatan-peralatan medis seperti implan, selang kateter intravena, katup jantung prostetik, sendi prostetik, kateter dialisis peritoneal, alat pacu jantung, selang cairan serebrospinal dan endotracheal tubes (Cao et al., 2022). Onori et al. (2015) melaporkan bahwa pasien yang dirawat di ICU memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terpapar oleh K. pneumoniae. Resiko tersebut dapat meningkat seiring dengan kolonisasi K. pneumoniae pada alat-alat medis yang terhubung ke tubuh pasien (Ochońska, Ścibik and Brzychczy-Włoch, 2021). Kolonisasi K. pneumoniae merupakan fase awal terbentuknya struktur biofilm. K. pneumoniae pembentuk biofilm lebih sulit ditangani dengan terapi antibiotik dibandingkan dengan K. pneumoniae ¬¬non-pembentuk biofilm (Wu et al., 2011; Nirwati et al., 2019). Pembentukan biofilm K. pneumoniae dapat diperantarai oleh suatu mekansime komunikasi antar sel yang disebut dengan Quorum Sensing (QS). QS bekerja secara sinyal transduktif menggunakan molekul autoinducer (AI). QS tipe II pada K. pneumoniae diregulasi oleh ekspresi gen luxS. Peningkatan ekspresi luxS mengindikasikan produksi AI dalam sistem QS sehingga memicu pembentukan biofilm (Ngeow et al., 2013; Mukesh, Harjai and Chhibber, 2017).
Nanopartikel perak (Ag) telah banyak dilaporkan sebagai suatu agen antibakteri spektrum luas. Mekanisme antibakteri nanopartikel Ag ialah melalui reaksi fotokatalisis yang menghasilkan reactive oxygen species/ROS, diantaranya adalah oksigen radikal (•O2-) dan hidroksil radikal (•OH). Kedua radikal tersebut diketahui memiliki potensi oksidasi yang kuat sehingga mampu merusak material organik, dalam hal ini termasuk membran sel bakteri patogen (Wafi et al., 2020). Potensi bakterisidal nanopartikel Ag dengan material pembawa berupa partikel N-TiO2, banyak dimanfaatkan sebagai material pelapis untuk mencegah kontaminasi oleh bakteri (antibacterial coating agent). Ag/N-TiO2 dilaporkan mempunyai aktivitas sebagai antibiofilm dan anti-quorum sensing (QS) terhadap Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Chromobacterium violaceum (Naik and Kowshik, 2014a; S. M. Santhosh and Natarajan, 2015). Meskipun demikian hingga saat ini belum diketahui secara spesifik aktivitas dan potensi Ag/N-TiO2 dalam menghambat pembentukan biofilm K. pneumoniae MDR pada material peralatan medis bagi pasien yang dirawat di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas antibakteri, antibiofilm, dan anti-quorum sensing nanopartikel Ag/N-TiO2 terhadap K. pneumoniae MDR pada permukaan peralatan medis yakni kateter silikon.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Antibiofilm; Ag/N-TiO2; Nanopartikel
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1108 Medical Microbiology
Divisions: Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Pharmacy
Depositing User: Alif Firman Firdausy
Date Deposited: 17 May 2024 10:43

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item