Haryati, Ratih, Azhari, Irsyad and Wargadinata, Wildana ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7972-0462 (2024) Analisis pemikiran Ibrahim Musthafa dalam pembaruan nahwu: Kajian linguistik modern. Fashohah, 4 (1). pp. 1-17. ISSN 2808280X
Text
19033.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (453kB) |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji lebih jauh pemikiran Ibrahim Musthafa dalam bukunya yang berjudul “Ihya’ an-nahwi” dan kontribusinya dalam pembaharuan ilmu Nahwu. Penelitian ini dilakukan sebagai penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya Ibrahim Musthofa dalam reformasi Nahwu didasarkan pada pendekatan semantik. Selanjutnya pembaharuan Nahwu terdapatdalam kitab “Ihya’ al-Nahwi” dari berbagai aspek. Pertama, gagasan reformasi Ibrahim Musthafa antara lain: 1) mendefinisikan kembali Nahwu (Nahwu tidak hanya fokus pada perubahan huruf terakhir suatu kata, tetapi juga hubungan yang terlibat dalam penataan kalimat dalam bahasa Arab); 2) menolak konsep “Amil” (konsep ini merupakan gabungan pemikiran filosofis sehingga menyebabkan ulama Nahwu mengabaikan makna-makna yang terkandung di dalamnya); 3) Membatasi penggunaan tanda I'rab (Ibrahim tidak mencantumkan fathah dalam tanda I'rab). Kedua, menolak tanda I'rab far'iyyah (yaitu tanda I'rab yang diciptakan oleh ulama Nahwu klasik yang berfungsi sebagai pengganti I'rab asli). Hal ini terjadi pada kasus yang menyangkut: 1) asma'ul khamsah; 2) jama'muzakkar salim; 3) isim ghairu munsyarif.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Ibrahim Musthafa; Kontribusi; Nahwu; Pemikiran |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics |
Divisions: | Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Arabic Language Education |
Depositing User: | Prof. Dr. Wildana Wargadinata, Lc., M.Ag |
Date Deposited: | 20 May 2024 15:03 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |