Moderation of religiosity and factors that influence tourists' intentions to visit halal tourism destinations on Lombok Island

Niam, Siti Khozinatun, Slamet, Slamet ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5583-5425 and Prajawati, Maretha Ika ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3084-4031 (2024) Moderation of religiosity and factors that influence tourists' intentions to visit halal tourism destinations on Lombok Island. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10 (1). pp. 663-678. ISSN 2477-6157

[img] Text
19057.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (276kB)

Abstract

Konsep halal saat ini menjadi tren dalam perkembangan ekonomi syariah dunia, yang memunculkan segmen baru dalam pariwisata, yaitu wisata halal, yang kini dianggap sebagai ceruk pasar baru yang menjanjikan. Hal ini juga menjadi peluang besar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di bidang pariwisata halal. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat wisatawan untuk mengunjungi destinasi halal di Pulau Lombok, dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksplanatori yang dirancang untuk menunjukkan kontribusi variabel eksogen terhadap variabel endogen. Populasi penelitian ini terdiri dari wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata halal di Pulau Lombok, dan metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan, dan total sampel sebanyak 280 responden. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa norma subjektif, sikap, citra destinasi, motivasi berwisata berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata halal di Pulau Lombok. Sedangkan persepsi perilaku tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata halal di Pulau Lombok

Item Type: Journal Article
Keywords: Attitude; Destination Image; Halal tourism; Perceived Behavior; Subjective Norm
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Maretha Ika Prajawati
Date Deposited: 29 May 2024 09:16

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item