Reciprocation: Cinta yang saling menguntungkan, bukan saling memanfaatkan

Sugiarti, Tutut ORCID: https://orcid.org/0009-0000-9694-0096 (2024) Reciprocation: Cinta yang saling menguntungkan, bukan saling memanfaatkan. 1, 1 (1). pawitra Publisher, Mojokerto-Jatim. ISBN 62-110-3219-227 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
19124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Cinta adalah ungkapan atau tindakan positif yang dilakukan seseorang terhadap suatu objek. Definisi cinta tidak hanya berlaku untuk sebuah pasangan, melainkan untuk banyak hal seperti, cinta kepada anak, orangtua, sebuah benda, dan lain-lainnya. Pokoknya cinta itu amat luas cakupannya.

Biasanya rasa cinta itu disertai dengan rasa rindu terhadap sang objek. Jadi, dalam konteks mencintai sang anak, kita sebagai orangtua perlu membangun relasi dan pondasi kokoh yang didasari oleh cinta. Karena itu adalah salah satu kunci untuk kita mempunyai hubungan yang harmonis dengan sang anak.

Setiap anak membutuhkan kehadiran orangtua, tidak hanya secara fisik, tetapi juga secara mental. Waktu bersama anak, baik secara kuantitas dan kualitas, akan membuat anak merasa aman. Jika orangtua memberikan waktu yang cukup untuk berkomunikasi, maka anak akan merasa diperhatikan.

Orangtua akan selalu mencintai sang anak, tetapi apabila orangtua tidak memberikan nasihat atau tindakan dengan menggunakanbahasa cintanya, kemungkinan sang anak akan merasa sedih dan merasa tidak dicintai. Namun, sering pula terjadi keadaan yang tidak nyambung, ayah ibu merasa telah mencurahkan segenap cinta.

Item Type: Book
Keywords: cinta; orang tua; anak; komunikasi; hubungan
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Tutut Sugiarti
Date Deposited: 08 Aug 2024 09:08

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item