Slamet, Slamet ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5583-5425, Hidayatullah, Achmad Diny ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1370-6569 and Mustolik, Imam Bani (2024) Key success factor of maturity rating: Manajemen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Badan Layanan Umum. Litnus, Malang. ISBN 978-623-114-459-1 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
Text
19179.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Pendidikan tinggi memiliki peran penting dalam pembangunan suatu negara, termasuk dalam konteks Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Badan Layanan Umum. Transformasi yang terjadi di dunia pendidikan tinggi, khususnya di lingkungan PTKIN, menjadi sebuah tantangan dan peluang untuk mengembangkan manajemen berbasis korporasi. Buku ini membahas mengenai faktor kunci keberhasilan dalam meningkatkan tingkat kematangan manajemen PTKIN Badan Layanan Umum, yang diukur melalui instrumen yang dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.
Maturitas dalam manajemen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Badan Layanan Umum melibatkan sejumlah perubahan pada tingkat personal dan organisasional. Proses ini melibatkan perubahan individu dari keadaan pasif menjadi aktif, penguatan kemandirian dengan mengurangi ketergantungan, adaptasi perilaku terbatas menjadi beragam, peningkatan intensitas minat, pergeseran perspektif dari sekarang ke masa depan, transisi dari posisi bawah ke posisi unggul, dan peningkatan kesadaran menuju kedewasaan. Dengan menerapkan proses-proses ini, PTKIN dapat mencapai tingkat maturitas yang tinggi, menciptakan lingkungan dinamis, adaptif, dan mampu mengatasi berbagai tantangan di masa depan.
Buku ini hadir dalam membahas Key Success Factors (Faktor Kunci Keberhasilan) dalam menjadikan maturitas manajemen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri berstatus Satuan Kerja Badan Layanan Umum. Faktor Desain Maturitas Manajemen terdiri atas tujuh dimensi seperti pengukuran kinerja, manajemen perubahan, program maturitas manajemen, penguatan sistem & tata Kelola, keterlibatan stakeholder internal, komitmen manajemen & kepemimpinan, dan komunikasi. Sementara, faktor budaya digital, meliputi dimensi digitalisasi manajemen dan budaya organisasi. Penulis berharap hadirnya buku ini dapat memberikan manfaat yang luas khususnya bagi setiap akademisi maupun masyarakat luas yang memiliki minat dalam bidang maturity rating.
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | Key Success Factor; maturitas; Tingkat; PTKIN; Badan Layanan Umum |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management |
Depositing User: | Slamet Slamet |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 10:40 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |