Merdeka Belajar dan Transformasi Holistic Personality : Membangun Kepribadian Unggul

Purwaningtyas, Endah Kurniawati ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4225-9219, Irawan, Andik Rony and Fatahillah, Faizal Rois (2024) Merdeka Belajar dan Transformasi Holistic Personality : Membangun Kepribadian Unggul. DIVA PRESS, Yogyakarta. ISBN 9786231893376 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
Merdeka Belajar dan Transformasi Holistic Personality_CEK PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)

Abstract

Jagad pendidikan tanah air, sebagaimana khalayak ramai mengikuti perkembangannya, dihentakkan dengan program baru yang dinilai lebih akomodatif dengan kebutuhan para penggiat ilmu kesarjanaan dan situasi pasar kerja. Rancangan program baru itu hendak membentuk calon lulusan perguruan tinggi terbiasa dengan keleluasaan berkarya dalam rangka mengorelasi penataan masa depanya secara lebih berdaulat dalam mengembangkan nalar, potensi diri dan passion secara behavior. Target utama pencapaianya adalah memiliki pengetahuan tambahan ilmu lain membersamai kelengkapan kognisi bidang ilmu yang ditekuni secara integral dalam ruang interdispliner dan interkoneksi yang saling menguatkan ditengah pencapaian keluasan pengetahuan dan kompetensi sebagaimana ruang masa membutuhakannya.
Mahamahasiswa peserta program MBKM memperoleh banyak kemanfaatan, diantaranya: 1) mendapatkan berbagai relasi dari berbagai kalangan, 2) meningkatkan soft skill dan hard skill, dan 3) mendapatkan ilmu yang tidak didapatkan di bangku perkuliahan. Program MBKM secara meyakinkan menjadi langkah inisiasi positif dalam rangka pengembangan kompetensi mahamahasiswa secara paripurna bahkan menyentuh aspek kepribadian. Betapapun demikian, sebagai tentatifitas karya tetaplah dipandang perlu untuk diajukan beberapa rekomendasi kepada stakeholder terkait sehingga program MBKM lebih berpotensi meningkatkan aspek holistic personality mahamahasiswa.

Item Type: Book
Keywords: Holistic Personality, Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Endah Kurniawati PurwaningTyas
Date Deposited: 04 Jun 2024 13:17

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item