Key Success Factor Maturity Rating Manajemen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Badan Layanan Umum

Slamet, Slamet ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5583-5425, Mustolik, Imam Bani and Hidayatullah, Achmad Diny ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1370-6569 (2024) Key Success Factor Maturity Rating Manajemen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Badan Layanan Umum. Penerbit Litnus, Malang. ISBN 9786231144591 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text (Buku tentang BLU, Key Success Factor, dan Maturity Rating)
Key_Success_Factor_of_Maturity_Rating_Manajemen - Literasi Nusantara.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Mayoritas Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Badan Layanan Umum (PTKIN BLU) masih pada level 1 (initial) dan level 2 (managed) dari 5 level (optimizing). Buku ini menyajikan secara umum tingkat maturitas (maturity rating) PTKN BLU masih tergolong lemah. Rendahnya level tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya pengembangan kelembagaan serta lemahnya budaya organisasi yang baik. Ada beberapa parameter yang bisa jadi tolok ukur Tingkat kematangan BLU ini, antara lain pada area result-base yang terdiri atas aspek keuangan (likuiditas, efektifitas, efisiensi, dan tingkat kemandirian) dan pelayanan (indeks kepuasan stakeholder, efisiensi pelayanan, sistem pengaduan layanan, dan tingkat kesuksesan layanan). Adapun pada area process-base terdiri atas aspek kapabilitas internal (sumber daya manusia, bisnis proses, teknologi, dan customer focus), inovasi (keterlibatan pengguna layanan, proses inovasi, knowledge management, dan change management), tata kelola dan kepemimpinan (perencanaan strategis, etika bisnis, stakeholder’s relationship, risk management, dan pengawasan dan pelaporan), serta lingkungan (environment footprint management dan penggunaan sumber daya). Beberpa parameter tersebut merupakan hal baru bagi PTKIN BLU, karena aspek-aspek pada maturity rating belum menjadi budaya untuk diinternalisasi pada manajeman dan kegiatan keseharian.
Disisi lain, faktor yang menyebabkan bervariasinya skor maturity rating BLU pada PTKIN antara lain kompleksitas perguruan tinggi, kurangnya konsensus tentang konsep dan urgensitas maturitas manajemen, perbedaan dalam budaya organisasi, serta kemampuan beradaptasi. Ada beberapa faktor kunci yaitu kepemimpinan yang efektif, dukungan top manajemen, komitmen organisasi, dan budaya organisasi. Komunikasi yang jelek serta kurangnya kesadaran juga bisa menyebabkan maturity rating yang rendah.
Untuk meningkatkan level maturity rating, PTKIN BLU perlu mengadopsi model maturitas yang sesuai, fokus pada utama dalam operasional, dan mengembangkan metodologi yang spesifik serta memperkuat model maturitas dengan indikator yang lebih terukur. Perguruan tinggi perlu menyadari tantangan dan kesenjangan dalam model maturitas yang ada dan berupaya mengatasi permasalahan maturitas yang dihadapi, serta memanfaatkan manajemen pengetahuan untuk meningkatkan kinerja dan praktik manajemen secara holistik dan komprehensif pada semua lini manajemen

Item Type: Book
Keywords: KSF, BLU, PTKIN, Key Success Factor, Maturity Rating, Manajemen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Badan Layanan Umum
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Achmad Diny Hidayatullah
Date Deposited: 04 Jun 2024 14:59

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item