Arifa, Laily Nur ORCID: https://orcid.org/0000-0002-7478-6996 (2023) UIN Malang student deviations in Tiktok content: Ahmad Baraja Islamic behaviour analysis. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, 17 (1). ISSN 19076371
Text
19350.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (933kB) |
Abstract
Tiktok sebagai sebuah aplikasi, telah digunakan oleh 22,2 juta pengguna di Indonesia. Beberapa masalah mulai muncul ketika banyak hal dilakukan agar menjadi FYP, mulai dari melakukan joget di depan umum, mengarah ke asusila dan juga banyak hal lain yang diangap tidak sesuai dengan norma agama Islam dan etika kepatutan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan desain analisis konten. Jumlah akun yang ditelit sebanyak 105 akun dengan 7730 video. Hasil penelitian ini adalah; pertama, Tipologi kontek Tiktok mahasiswa UIN Malang adalah sebagai berikut; daily activity 5,2%; tiktok hits 21,28571; a day in the life of 2,6 %; telling story 2,05%; hashtag challenge 4,03%; dance challenge 17.9 %; Life at 11,98%; Receh 27,74%; Edukasi 2,98%; Lainnya 4,28%. Kedua, Perilaku perilaku dominan yang dilakukan oleh mahasiswa UIN pada konten tiktok adalah sebagai berikut; perilaku narsis dengan video close-up; bergoyang mengikuti irama music; perilaku menirukan suara/sound yang viral; perilaku agresif ketika menjawab QnA; perilaku menertawakan orang atau sesuatu di sekitar yang dianggap lucu; perilaku interaksi dengan lawan jenis; curhat di Tiktok;perilaku tenang dan lugas; perilaku membuka aurat; berpose; perilaku ghibah; perilaku pamer. Ketiga, perbandingan antara akun dengan konten menyimpang, dan sesuai dengan perilaku islami Ahmad Baradja adalah 31% dan 69%. Mayoritas penyimpangan itu berupa aurat yang terlihat, interaksi dengan lawan jenis, hilangnya rasa malu, riya’, serta mengucapkan kata yang tidak pantas. Menariknya adalah, tidak ada video pada satu hingga tiga unggahan pertama yang memiliki konten menyimpang. Artinya, konten menyimpang ditemukan paling awal di konten keempat. Penyimpangan ini kemudian dilakukan secara berulang pada unggahan-unggahan selanjutnya.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Tiktok; Ahmad Baraja; Islamic Behavior |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | laily nur arifa |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 13:20 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |