Psikoedukasi Berbasis Kelompok dengan Berbantuan Teknologi Untuk MeningkatkanPemahaman Gizi Seimbang Pada Orang Tua SebagaiUpaya Menurunkan Tingkat Stunting

Amalia, Rahmatika Sari ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4247-7283, Ayu, Selly Candra ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4328-8302 and Karami, Ahmad Fahmi (2024) Psikoedukasi Berbasis Kelompok dengan Berbantuan Teknologi Untuk MeningkatkanPemahaman Gizi Seimbang Pada Orang Tua SebagaiUpaya Menurunkan Tingkat Stunting. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service). ISSN 2686-519X

[img] Text
Layout (1).pdf

Download (399kB)

Abstract

Stunting merupakan permasalahan hambatan tumbuh kembang anak yang saat ini menjadi fokus pemerintah Indonesia. Hal ini dikareunakan stunting dapat mengancam kualitas perkembangan individu. Salah satu daerah yang menjadi pusat perhatian mengenai kejadian stunting di Kabupaten Malang, adalah di Desa Madiredo Kecamatan Pujon. Oleh karenanya perlu untuk melakukan pencegahan terjadinya prevalensi stunting dengan cara memberikan psikoedukasi kepada orangtua mengenai pentingnya pemberian gizi seimbang untuk anak. Pengabdianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi berbasis kelompok dengan menggunakan bantuan teknologi terhadap tingkat pemahaman gizi seimbang pada orangtua dengan anak terindikasi stunting. Manfaat dari Pengabdianini diharapkan dapat menurunkan prevalensi tingkat stunting yang ada di Desa Madiredo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Metode Penganbdianmenggunakan Participatory Action Research dengan jumlah 38 partisipan. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur pemahaman gizi seimbang dengan reliabilitas 0.78. Sebelum diberikan perlakukan, partisipan diukur tingkat pemahamannya melalui pre-test. Kemudian partisipan diberikan perlakuan berupa psikoedukasi mengenai pentingnya pemahaman gizi seimbang pada anak secara berkelompok dengan beberapa metode yakni seminar, diskusi kelompok, pamphlet, dan vidio. Setelah perlakuan, partisipan diukur kembali tingkat pemahamannya. Hasil pengabdiandianalisis dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil dari pengabdianini menunjukkan bahwa psikoedukasi kelompok dengan menggunakan bantuan teknologi mampu meningkatkan pemahaman gizi seimbang pada orangtua.Rata-rata pemahaman partisipan sebelum diberikan psikoedukasiadalah sebesar 5.868 dan setelah diberikan psikoedukasi rata-rata pemahaman meningkat sebesar 7.026. Berdasarkan hasil tersebut makaKader Kesehatan setempat, diharapkan dapat memberikan penyuluhan mengenai gizi seimbang dengan bantuan tehnologi untuk dapat meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya gizi seimbang dalam mencegah anak tumbuh dengan stunting

Item Type: Journal Article
Keywords: Psikoedukasi, Teknologi, Gizi Seimbang, Stunting
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Rahmatika Sari Amalia
Date Deposited: 07 Jun 2024 11:42

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item