Analisis Semiotika Charles Morris Pada Nilai-Nilai Dakwah Dalam Lirik Mars Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an UIN Maliki Malang

Yuningrum, Dwi Anti and Al Anshory, Abdul Muntaqim (2023) Analisis Semiotika Charles Morris Pada Nilai-Nilai Dakwah Dalam Lirik Mars Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an UIN Maliki Malang. EL-IBTIKAR: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA ARAB, 12 (2). ISSN 25798456

[img] Text
14414-43506-1-PB.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perbincangan mengenai nilai-nilai dalam sebuah kehidupan perlu diperlihatkan kembali di era zaman ini. Penelitian ini menyorotkan kembali dengan kondisi generasi millenial yang beragam. Disamping mengikuti zaman modern agar tetap berpedoman pada nilai-nilai kealquranan. Penelitian ini bertjuan untuk menjelaskan nilai-nilai dakwah dan makna-makna berdasarkan perspektif Charles Morris yang terkandung dalam lirik mars Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Metode penelitian ini menggunakan metedologi kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian berupa sumber data primer yaitu lirik-lirik mars Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan sumber data sekunder berupa e-book, e-journal, buku-buku, kamus-kamus yang berkaitan dengan tema penelitian. Dalam penelitian ini bermula mengungkap makna-makna dan pesan yang ada didalam mars Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an Berdasarkan perspektif Charles Morris lalu dikaitkan dengan nilai-nilai dakwah. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan nilai-nilai dakwah yaitu nilai aqidah, nilai syari’ah dan nilai akhlak. Dalam nilai aqidah terdapat 5 lirik mars Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an, nilai syari’ah terdapat 2 lirik mars Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an dan nilai akhlak terdapat 8 lirik mars Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an.

Item Type: Journal Article
Keywords: Hai'ah Tahfizh Al-Qur'an, Mars, Semiotics, The Value of Da'wah.
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040906 'Ilmu al-Ramziy (Arabic Semiotics)
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Arabic Language Education
Depositing User: abdul muntaqim al anshory
Date Deposited: 05 Jun 2024 14:29

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item