Muttaqin, Muhammad Imamul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1559-5604 (2023) THE RELEVANCE OF THE SONG LIR-ILIR ACCORDING TO AINUN NAJIB (CAK NUN) FOR CHARACTER EDUCATION. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 5 (2). pp. 334-337. ISSN 2655-9331
Text
THE RELEVANCE OF THE SONG LIR-ILIR ACCORDING TO AINUN NAJIB (CAK NUN).pdf Download (283kB) |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan nilai-nilai Tembang Lir-Ilir dalam pendidikan moral sebagai upaya mengatasi kemerosotan moral di era Masyarakat 5.0. Era Masyarakat 5.0, yang ditandai oleh adopsi teknologi digital dan kecerdasan buatan, telah membawa perubahan sosial yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, juga terjadi kemerosotan moral yang mengkhawatirkan dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan data melalui tinjauan pustaka tentang nilai-nilai lagu Lir-Ilir yang diterapkan dalam pendidikan karakter. Nilai-nilai tembang Lir-Ilir meliputi etika, moralitas, kebijaksanaan, persatuan, dan cinta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai lagu Lir-Ilir dalam pendidikan moral dapat memberikan kontribusi positif dalam mengatasi kemerosotan moral di era Masyarakat 5.0. Pendidikan moral yang mengintegrasikan nilai-nilai tembang Lir-Ilir dapat membantu individu mengembangkan karakter yang kuat, etika yang baik, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang hak dan tanggung jawab sosial mereka. Selain itu, penerapan nilai-nilai tembang Lir-Ilir juga dapat mempromosikan persatuan dan cinta di antara individu, mengurangi disparitas sosial, dan mendorong kerja sama harmonis dalam masyarakat.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Lir-Ilir, Pendidikan Akhlak, Era Society 5.0 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | M. Imamul Muttaqin |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 12:08 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |