Faishal, Mufarrahah, Muslimin, Imam and Mulyono, Mulyono ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4509-7390 (2022) Lajnah Tarbiyah: Instrumen pengembangan nalar keagamaan dan karakter religius di Raudlatul Ulum Arrahmaniyah Sampang. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6 (2). pp. 223-232. ISSN 25497987
Text
19485.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (450kB) |
Abstract
Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Arrahmaniyah memiliki sistem pendidikan yang menarik yang terkenal dengan Lajnah Tarbiyah Asasiyah, yaitu jenjang pendidikan yang dikhususkan untuk santri baru dalam rangka mematangkan ilmu pengetahuan di bidang keagaaman sekaligus penguatan karakter religius. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan sejauh mana kontribusi lajnah tarbiyah dalam pengembangan keilmuan Islam dan karakter santri. Penelitian berhasil menemukan bahwa perencanaan program intensif santri baru dilaksanakan melalui musyawarah antar pengurus dan pengajar di Lajnah Tarbiyah. Implemetasi Program ini diwujudkan melalui sekolah salaf, belajar dasar-dasar agama terutama dalam bidang fikih, melalui kajian kitab kuning serta belajar baca tulis bahasa Arab. Sedangkan hasil program intensif terangkum dalam dua aspek yakni berkembangnya potensi bidang keagamaan santri baru serta berkembangnya karakter religius santri baru seperti istiqomah beribadah dan terbiasa berakhlaqul karimah.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Lajnah Tarbiyah; pengembangan; nalar keagamaan; karakter religius |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
Divisions: | Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Islamic Education |
Depositing User: | Dr. H. Mulyono, MA. |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 09:44 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |