TPACK dalam pembelajaran bahasa Arab: Studi implementasi dan efektivitas

Hasibuan, Renni, Haerullah, Ira Safira and Machmudah, Umi (2023) TPACK dalam pembelajaran bahasa Arab: Studi implementasi dan efektivitas. Imlah: Islamic Manuscript of Linguistics and Humanity, 5 (1). pp. 23-34. ISSN 27224198

[img] Text
19498.pdf - Published Version

Download (743kB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab merupakan bagian penting dalam pengembangan kompetensi linguistik dan budaya di tengah masyarakat global yang semakin terhubung. Dalam upaya memastikan bahwa pembelajaran Bahasa Arab efektif dan relevan dengan perkembangan teknologi informasi, pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) muncul sebagai pendekatan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menggali implementasi dan efektivitas TPACK dalam konteks pembelajaran Bahasa Arab meliputi empat keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik literature review dan studi observasional terhadap penelitian-penelitian yang relevan terkait topik yang dibahas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ditemukan ciri-ciri TPACK dalam pembelajaran keterampilan berbahasa. Adapun pelaksanaan komponen TPACK dalam maharah istima', materi diputar secara halus melalui metode sam'iyyah-bashariyah dengan penerapan cerita plotagon. Selanjutnya dalam maharah kalam materi disajikan dalam bentuk video melalui metode muhadatsah, munaqasyah, dan sardulqissah dengan aplikasi berbasis website learning.aljazeera.net. Selanjutnya pada Mahara Qiraah, materi disampaikan secara aktif melalui metode sam'iyyah-shafahiyah dengan media power point. Sedangkan maharah kitabah, materinya ditampilkan secara aktif melalui metode sam'iyyah-bashariyyah dengan aplikasi youtube. dari berbagai hasil penelitian yang tekah dibahas, mengindikasikan bahwa penggunaan TPACK dalam pembelajaran Arab dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, serta membantu guru dalam mendesain pengalaman pembelajaran yang lebih menarik.

Item Type: Journal Article
Keywords: TPACK; Learning Model; Arabic Learning; Model Pembelajaran; Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Umi Machmudah
Date Deposited: 10 Jun 2024 13:14

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item