Afwadzi, Benny ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3481-7655, Nisa', Amelia Khoirun, Lestari, Bella Pramudya, Yumnansa, Faiqoh Razan, Pradana, Frengky, Sholihah, Imro Atus, Solihah, Khusna Nur Lailatus, Rafli, Muhammad, Nisa, Nadia Khoirun and Nahri, Zulfah (2024) Penguatan nilai-nilai moderasi beragama melalui program kultum dalam kegiatan bulan ramadhan di MAN 1 Lamongan. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4 (2). pp. 9-18. ISSN 27979407 (p.); 27979423 (e.)
Text
19518.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (395kB) |
Abstract
Radikalisme merupakan problem yang telah masuk dalam berbagai lini di Indonesia, tidak terkecuali di lingkungan pendidikan. Hal ini menimbulkan kekhawatiran pada terkikisnya jiwa asli bangsa Indonesia yang berkarakter moderat. Fakta tersebut membutuhkan upaya penguatan nilai-nilai moderasi beragama dan penjabaran urgensitasnya di lembaga pendidikan. Dengan tujuan agar menambah pengetahuan kepada para siswa mengenai pentingnya moderasi beragama dan bagaimana cara mengamalkan nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan bermasyarakat, Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan kultum dalam kegiatan bulan ramadhan yang bernuansa moderasi beragama di MAN 1 Lamongan. Metode dalam pelaksanaan kegiatan kultum ini adalah observasi, wawancara, dan pemberian materi. Selain itu, terdapat sesi diskusi tentang toleransi umat beragama di dalam masyarakat dan bagaimana mengimplementasikan toleransi beragama dalam kehidupan bermasyarakat. Pengabdian ini menemukan bahwa awalnya sebagian siswa MAN 1 Lamongan yang masih mempunyai pengetahuan yang minim tentang moderasi beragama. Namun setelah mengikuti kegiatan kultum dalam kegiatan bulan ramadhan yang bernuansa moderasi beragama, para siswa yang menjadi peserta kegiatan mulai mengerti hakikat sebenarnya moderasi beragama serta memahami sikap toleransi beragama sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Toleransi beragama memiliki kedudukan penting sebagai wahana menyikapi perbedaan agama yang ada di masyarakat. Berdasarkan temuan pengabdian ini, maka kultum pada bulan ramadhan yang bertemakan moderasi beragama bisa menjadi salah satu metode dalam penyebaran paham moderat di lembaga pendidikan.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Moderasi Beragama; Kultum Ramadhan; Toleransi Beragama |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | Benny Afwadzi |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 13:21 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |