Optimalisasi Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Marno, Marno ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9429-8052, Wasilah, Nur, Nur, Muhammad Amin, Soleh, Ahmad and Handayani, Nadia Arsita (2023) Optimalisasi Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6 (12). pp. 10964-10971. ISSN 26148854

[img] Text
3582-Article Text-24624-1-10-20231216.pdf

Download (199kB)

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan suatu hal yang dapat menunjang proses pembelajaran siswa di sekolah. Sarana dan prasarana perlu dilakukan pengelolaan yang baik dalam mempersiapkan pengimplementasi kurikulum merdeka. Menurut data informasi artikel, kurikulum merdeka dirilis pada tahun 2022. Kurikulum merdeka ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperbaiki sistem pembelajaran karena adanya covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan sarana dalam mempersiapkan implementasi kurikulum merdeka di SDN Kodik Pamekasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data yang digunakan berupa wawancara kepada guru. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan salah satu guru di SDN Kodik, keadaan sarana di SDN Kodik Pamekasan baik dalam persiapan penerapan kurikulum merdeka. Pengelolaan sarana dilakukan dengan baik mulai dari perencanaan, pengadaan, penggunaan dan pemeliharaan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan. Sarana Ideal dalam implementasi kurikulum di SDN Kodik Pamekasan yaitu melaksanakan pengelolaan dengan baik dan mengacu pada standar nasioal pendidikan.

Item Type: Journal Article
Keywords: Facilities;Management;Curriculum.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: DR MARNO Marno
Date Deposited: 28 Jun 2024 10:22

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item