القرآن الكريم والذكاء اللغوي

Hidayatullah, Achmad Diny ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1370-6569 (2010) القرآن الكريم والذكاء اللغوي. UIN Maliki Press, Kota Malang. ISBN 9786029583229 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
Buku Ad Dzaka Al Lughowi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (990kB) | Request a copy

Abstract

Buku ini mengkaji Al-Quran Al-Karim dari perspektif kecerdasan bahasa, dengan fokus khusus pada masa Rasulullah Muhammad SAW diutus. Al-Quran tidak hanya sebagai kitab suci, tetapi juga sebagai salah satu karya sastra teragung yang pernah ada. Kecerdasan bahasa yang terkandung dalam Al-Quran mencakup penggunaan metafora, irama, dan retorika yang tidak hanya memikat tetapi juga mendidik umat manusia.

Buku ini menelusuri berbagai contoh dari ayat-ayat Al-Quran, Hadits Nabi, dan Ucapan para sahabat yang menunjukkan keunggulan linguistik dan sastra yang mampu menyentuh hati dan pikiran manusia. Selain itu, studi ini juga mengeksplorasi bagaimana kecerdasan bahasa Al-Quran digunakan oleh Rasulullah SAW dalam dakwahnya untuk menyampaikan pesan-pesan Ilahi dengan cara yang paling efektif dan persuasif.

Studi kasus pada masa Rasulullah SAW diutus memberikan gambaran konkret tentang bagaimana Al-Quran mampu membangun peradaban Islam yang kaya akan nilai-nilai kemanusiaan dan spiritual. Buku ini juga membahas pengaruh kecerdasan bahasa Al-Quran dalam membentuk budaya dan peradaban di masa awal Islam dan relevansinya hingga saat ini.

Dengan menggabungkan analisis linguistik, sejarah, dan teologis, buku ini memberikan wawasan mendalam tentang peran Al-Quran dalam mengembangkan kecerdasan bahasa serta dampaknya dalam kehidupan umat manusia sepanjang sejarah.

Item Type: Book
Keywords: Al Quran; KEcerdasan Bahasa
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Achmad Diny Hidayatullah
Date Deposited: 07 Aug 2024 14:29

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item