Dinamika motivasi mahasiswa non linier memilih prodi MPI di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Maulana, M. Irsyad and Abidin, Munirul (2024) Dinamika motivasi mahasiswa non linier memilih prodi MPI di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Khalifah : Jurnal Pendidikan Nusantara, 2 (1). ISSN 3032-5358

[img] Text
20104.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (281kB)

Abstract

Studi ini menekankan dinamika yang mendorong mahasiswa non-linier untuk memilih program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Mahasiswamahasiswa ini seringkali tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang alasan mereka untuk memilih program studi ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang melibatkan wawancara mendalam untuk mengeksplorasi komponen motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang memengaruhi keputusan ini. Hasilnya menunjukkan bahwa minat pribadi mahasiswa, dorongan keluarga, kebutuhan karier, dan pengaruh lingkungan akademik memengaruhi motivasi mereka. Oleh karena itu, motivasi non-linier mahasiswa berasal dari kombinasi faktor internal, seperti ambisi pribadi dan kebutuhan untuk berkembang, dan faktor eksternal, seperti dukungan dari keluarga dan inspirasi dari orang yang sukses. Optimisme, pemanfaatan sumber daya akademis, dan manajemen waktu yang efektif adalah faktor lain yang mendorong penyesuaian diri di lingkungan akademis. Ini memberikan pengelola program studi wawasan praktis untuk meningkatkan dukungan mereka kepada Mahasiswa non-linier.

Item Type: Journal Article
Keywords: Dinamika Motivasi Mahasiswa; Non Linier; Manajemen Pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: munirul abidin
Date Deposited: 05 Aug 2024 09:45

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item