Efektivitas Undang-Undang RI No.35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak pasca peristiwa tindak kekerasan anak di sekolah dasar (studi di SD Negeri 1 Jenggolo Kepanjen Jawa Timur)

Mawardy, Imam and Adityo, Rayno Dwi (2024) Efektivitas Undang-Undang RI No.35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak pasca peristiwa tindak kekerasan anak di sekolah dasar (studi di SD Negeri 1 Jenggolo Kepanjen Jawa Timur). Mitsaq: Islamic Family Law Journal, 2 (2). pp. 256-270. ISSN 2986-0644

[img] Text
20120.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (298kB)

Abstract

Adanya keberadaan Undang-undang RI No.35 tahun 2014 tentang perlindungan anak satu diantaranya adalah untuk menjamin perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi Pada kenyataanya, masih banyak kasus kekerasan anak yang terjadi di Indonesia. Kasus kekerasan tersebut sebagian besar terjadi di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas undang-undang No.35 tahun 2014 tentang perlindungan anak di sekolah dasar negeri 1 Jenggolo Kepanjen Jawa Timur dengan menggunakan parameter efektivitas hukum Soerjono Soekanto. Metode penelitian ini menggunakan hukum empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statue approach). Hasil penelitian menunjukkan efektivitas perlindungan anak pasca persitiwa kekerasan pada anak ada tiga faktor sudah efektif yaitu faktor peraturan, penegak hukum dan faktor fasilitas tetapi ada dua faktor yang belum efektif dalam implementasi Undang-undang RI No.35 tahun 2014 dilembaga pendidikan tersebut pada aspek budaya hukum dimasyarakat dimana menilai perundungan verbal sebagai candaan biasa yang menjadikan asal mula tindak kekerasan dan belum efektif pada faktor masyarakatnya yaitu kebiasaan wali murid yang menganggap jika anaknya dimasukkan ke sekolah maka semua tanggung jawab pendidikan selesai diserahkan ke sekolah. Pihak sekolah terus berupaya mengembangkan program perlindunngan dengan membentuk tim pencegahan dan penanganan kekerasan yang disebut TPPK.

Item Type: Journal Article
Keywords: perlindungan anak; efektivitas; Soerjono Soekanto
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Rayno Dwi Adityo
Date Deposited: 02 Aug 2024 12:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item