Eksplorasi kemampuan virtual tours sebagai media pembangkit sense of place mahasiswa dalam pembelajaran cultural heritage

Putrie, Yulia Eka ORCID: https://orcid.org/0000-0002-9693-5841, Rahmah, Sukmayati, Handryant, Aisyah Nur, Maslucha, Luluk and Junara, Nunik Eksplorasi kemampuan virtual tours sebagai media pembangkit sense of place mahasiswa dalam pembelajaran cultural heritage. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
20330.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tur virtual menawarkan potensi yang sangat besar dalam pelestarian dan dokumentasi situs warisan budaya. Tur virtual dapat menjangkau audiens yang lebih luas bagi situs-situs yang tidak dapat diakses dan terpencil. Kemampuan untuk memberikan pengalaman spasial dapat meningkatkan perasaan hadir di suatu tempat. Penelitian ini mengeksplorasi potensi tur virtual dalam membangkitkan sense of place terhadap situs warisan. Aspek-aspek sense of place secara kualitatif diangkat dari catatan partisipan selama pengalaman tur virtual mereka. Ziarah Sendang Duwur dipilih karena signifikansi sejarahnya sebagai situs ziarah di masa transisi peradaban Hindu-Buddha ke peradaban Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tur virtual membangkitkan beberapa aspek sense of place, terutama atribut fisik, perasaan pribadi, dan pengalaman sikuensial melalui transisi dan batas-batas ruang. Tingkatan sense of place yang dapat dicapai partisipan melalui tur virtual ini adalah pengenalan tempat atau place recognition.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Virtual tours; sense of place; pengalaman spasial; cultural heritage
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120102 Architectural Heritage and Conservation
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture
Divisions: Faculty of Technology > Department of Architecture
Depositing User: Dr. Yulia Eka Putrie
Date Deposited: 17 Sep 2024 15:06

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item