Rendhi Fatrisna Yuniar, Muhammad Khatami dkk (2024) Efektivitas dari blended project based learning terhadap kemampuan reading mahasiswa Tadris Bahasa inggris (sertifikat hak cipta). 000770469.
Text
20500.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Di era sekarang ini, pendidikan di Indonesia dapat dikatakan cenderung rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Salah satu penyebab kurang majunya pendidikan di negara kita adalah kurangnya minat baca atau literasi pada siswa baik dari tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa. Penelitian ini menyelidiki efektivitas Blended Project-Based Learning melalui integrasi Instagram dan Google Classroom, dengan menggunakan desain kuasi-eksperimen. Tujuan utamanya adalah untuk menilai apakah pendekatan Blended PBL menghasilkan peningkatan yang lebih besar dalam kemampuan membaca siswa dibandingkan dengan metode instruksional konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan 50 mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris semester dua di UIN Malang. Penelitian ini melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang terlibat dalam Blended PBL dan kelompok kontrol yang mengikuti praktik pengajaran konvensional. Kemahiran membaca diukur dengan menggunakan penilaian pre-test dan post-test. Temuan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca siswa dalam kelompok eksperimen, dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan platform media sosial, seperti Instagram, bersama dengan lingkungan pembelajaran digital seperti Google Classroom, dalam kerangka kerja Blended Project-Based Learning, secara substansial dapat meningkatkan pemahaman membaca dalam konteks pendidikan tinggi.
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | Reading Skills; Blended Project-Based Learning; Instagram; Google Classroom |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200303 English as a Second Language 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of English Language Education |
Depositing User: | Rendhi Fatrisna Yuniar |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 15:15 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |