Strategi digital marketing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) usaha makanan dan minuman dalam upaya meningkatkan pendapatan pada Desa Gajahbendo, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Al Idrus, Salim, Alim, Syahirul, Maksum, Ikhsan, Ningtyas, Mega Noerman and Fikriah, Nur Laili (2022) Strategi digital marketing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) usaha makanan dan minuman dalam upaya meningkatkan pendapatan pada Desa Gajahbendo, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Community Service Report. Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
20782.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara berkembang menjadikan UMKM sebagai pondasi utama sektor perekonomian masyarakat, hal ini dilakukan untuk mendorong kemampuan kemandirian dalam berkembang pada masyarakat khsusunya dalam sektor ekonomi. Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, saat ini sudah ada sekitar 60 juta pelaku UMKM di Indonesia. Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat seiring berkembangnya teknologi dan potensi sumber daya alam yang ada. UMKM juga mampu menyerap 97% tenaga kerja nasional sehingga berkontribusi besar dalam membangun perekonomian negara. Meski begitu, ada beberapa permasalahan yang sering dialami UMKM di Indonesia dan masih menjadi pekerjaan rumah bagi sektor ekonomi. Jika tidak diatasi, maka UMKM yang sedang tumbuh bisa saja kalah bersaing, stagnan, bahkan gulung tikar. Permasalahan tersebut salah satunya adalah pemasaran. Pelaku UMKM masih sedikit yang masih memahami proses dan strategi pemasaran online atau digital. Pengabdian Masyarakat dilakukan pada para pelaku UMKM makanan dan minuman yang terletak pada Kelurahan Gajahbendo, Pasuruan. Materi yang disampaikan adalah bagaiaman menumbuhkan optimisme pelaku UMKM dalam berbisnis serta strategi-strategi apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan melalui online.

Item Type: Community Service
Keywords: digital marketing; UMKM; pendapatan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Prof. Dr. Salim Al Idrus
Date Deposited: 21 Oct 2024 13:17

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item