Alim, Syahirul ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5215-1028 (2024) Dasar-dasar manajemen pendidikan bermutu. Cetakan Pertama, 16x23 (1). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, Malang, East Java - Indonesia. ISBN 978-623-519-888-0 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
Text
20892.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Manajemen Pendidikan
Tergantung pada definisi yang diberikan oleh orang yang
mendefinisikan istilah tersebut, managemen dapat memiliki beragam
penafsiran. Istilah administrasi madrasah sering disinonimkan dengan
istilah administrasi madrasah.1
Cara pandangnya terhadap manajemen
terbagi menjadi tiga kelompok: 2
1. Pandangan yang lebih luas (manajemen adalah hakikatnya)
2. Pandangan yang lebih luas terhadap manajemen, dan
3. Penafsiran dimana manajemen berarti “manajemen” Berdasarkan
tugas pokoknya, konsep manajemen dan administrasi mempunyai
tugas yang sama. Oleh karena itu, membedakan kedua istilah ini
tidak konsisten dan tidak ada artinya.
Pencapaian tujuan pendidikan nasional memerlukan proses
kerjasama manajemen pendidikan yang sistematis, terorganisir dan
menyeluruh, sebagaimana disampaikan Mulyasa.Bidang manajemen
pelatihan mencakup semua aspek yang berkaitan dengan panduan proses pelatihan menuju tujuan yang spesifik, tujuan pendek, tujuan menengah,
dan tujuan panjang.3
Proses manajemen pendidikan, sebagaimana dijelaskan oleh Mulyasa,
melibatkan pengembangan kerja sama antar individu untuk mencapai
tujuan pendidikan tertentu, Manajemen melibatkan proses perencanaan,
pengorganisasian, dan penerapan untuk mengubah visi menjadi tindakan
(pengendalian)
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | Manajemen pendidikan; perencanaan; pengorganisasian dan pengendalian |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management |
Depositing User: | Syahirul Alim |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 13:11 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |