Skafolding metakognitif untuk mengatasi kegagalan akomodasi pada lubang konstruksi

Elly Susanti, Elly Susanti ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9528-4947 (2024) Skafolding metakognitif untuk mengatasi kegagalan akomodasi pada lubang konstruksi. Jurnal Kognitif, 4 (1). pp. 394-405. ISSN 2776-9704

[img] Text
20918.pdf

Download (501kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses skafolding metakognitif dalam mengatasi lubang konstruksi akibat kegagalan akomodasi. Siswa dalam menerima informasi atau stimulus baru jika tidak menyesuaikan dengan pengetahuan lama yang dimiliki makaakan kesulitan atau harus disertai penyesuaian skema berpikir untuk mencapai titik keseimbangan. Jika konstruksi pengetahuan siswa belum lengkap, maka hal ini disebut lubang konstruksi. Untuk mengatasi hal ini diperlukan bantuan, dalam hal ini adalah skafolding metakognitif. Pendekatan penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Talun dan SMAII Al-Amin Sumberpucung. Data berupa jawaban tes, hasil think aloud, ditambah hasil wawancara. Proses analisis data yaitu menelaah data dan catatan pengamatankemudianmelakukan reduksi dan rangkuman inti.Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan lubang konstruksi akibat gagal melakukan akomodasi diatasi dengan level 2 skafolding dan pertanyaan metakognitif tahap planning, monitoring, dan evaluasi. Pertanyaan metakognitif diberikan beberapa kali sampai subjek memahami. Bantuan terus diberikan sampai mencapai transfer of responsibility. Pertanyaan metakognitif akan terus diulangi sampai jawaban subjek benar

Item Type: Journal Article
Keywords: AkomodasiLubang KonstruksiSkafolding Metakognitif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Mathematics Education
Depositing User: Elly Susanti
Date Deposited: 28 Oct 2024 13:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item