Studi etnomatematika: Konsep graf pada permainan dam-daman Kabupaten Pasuruan

Salsabila, Anisah and Marhayati, Marhayati ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7092-8080 (2024) Studi etnomatematika: Konsep graf pada permainan dam-daman Kabupaten Pasuruan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1). pp. 14-24. ISSN 2579-3977

[img] Text
20993.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi karena untuk mendeskripsikan gambaran tentang objek yang terdapat pada budaya masyarakat. Objek dalam penelitian ini adalah permainan dam-daman yang meliputi papan permainan dan aturan bermain. Penelitian dilakukan di Desa Gempeng, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Peneliti sebagai instrumen utama dalam menghimpun informasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data hasil observasi, pengukuran, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan kecermatan pengamat kemudian diverifikasi melalui teman sejawat. Adapun analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk papan dam-daman memiliki keterkaitan dengan berbagai konsep matematika, salah satunya adalah graf. Pada dam-daman, ditemukan adanya titik, (vertex), sisi (edge), orde, ukuran, sub graf, jalan (walk), jejak (trail), lintasan (path), dan siklus (cycle). Derajat pada graf dam-daman di antaranya 2, 3, 4, 5, dan 8. Adapun jenis graf merupakan graf terhubung, sederhana, non Euler, semi Hamilton, berkromatik-3, dan berkromatik sisi-8.

Item Type: Journal Article
Keywords: etnomatematika; graf; permainan dam-daman
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Mathematics Education
Depositing User: Marhayati Marhayati Marhayati
Date Deposited: 30 Oct 2024 10:08

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item