Katalogisasi sebagai upaya meningkatkan aksesibilitas dan relevansi UMKM KAJO Puspo

Setiani, Setiani ORCID: https://orcid.org/0000-0002-7566-7358 and Sartika, Farahiyah ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2849-8811 (2024) Katalogisasi sebagai upaya meningkatkan aksesibilitas dan relevansi UMKM KAJO Puspo. Eduabdimas: Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 3 (4). pp. 345-351. ISSN 2964139X

[img] Text
21099.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (486kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengavaluasi efektivitas katalogisasi sebagai strategi untuk meningkatkan aksesibilitas dan relevansi produk UMKM KAJO Puspo di Pasuruan. Katalogisasi dilakukan dengan mengumpulkan dan menyusun informasi mendetail tentang berbagai aspek kopi KAJO, termasuk jenis, asal-usul, proses produksi, karakteristik rasa, dan harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses katalogisasi tidak hanya mempermudah konsumen dan pelaku industri dalam mengenali dan memilih produk, tetapi juga meningkatkan visibilitas dan daya tarik UMKM KAJO Puspo di pasar lokal dan nasional. Katalogisasi juga berperan penting dalam memperkuat identitas dan posisi Kopi Puspo sebagai produk unggulan daerah, yang berkontribusi pada peningkatan daya saingnya di pasar yang semakin kompetitif. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa katalogisasi merupakan langkah strategis yang efektif untuk meningkatkan aksesibilitas, relevansi dan pengakuan terhadap UMKM KAJO Puspo, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal di Pasuruan.

Item Type: Journal Article
Keywords: Katalogisasi; Aksesibilitas; Relevansi; UMKM; Puspo Pasuruan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Setiani Setiani
Date Deposited: 31 Oct 2024 10:39

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item