Kesadaran dosen bahasa Arab terhadap future education framework 2030 dalam pembelajaran bahasa Arab

Attaqi, Khonsa Fillah, Nadhifah, Naura, Fajri, Adelia Nurul and Syarofah, Alfiatus (2024) Kesadaran dosen bahasa Arab terhadap future education framework 2030 dalam pembelajaran bahasa Arab. Research Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. (Submitted)

[img] Text (Fulltext)
21191.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Future Education Framework 2030 (FEF) dirancang oleh OECD serta untuk mengetahui seberapa sadar dosen bahasa Arab terhadap proyek Future Education Framework 2030 (FEF) dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Penelitian ini dilakukan pada dosen Bahasa Arab UIN Malang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 7 indikator yang ditetapkan OECD dalam implementasi Future Education Framework 2030, antara lain 1) Co Agency/Student Agency (Keagenan Mahasiswa), 2) Core Foundation (Landasan Inti), 3) Transformative Competence (Kompetensi transformatif), 4) Knowledge For 2030 (Pengetahuan untuk tahun 2030), 5) Skill for 2030 (Keterampilan untuk tahun 2030), 6) Attitude and Value for 2030 (Sikap dan Nilai untuk tahun 2030), 7) Anticipation-Action-Reflection Competence Development Cycle (Peran pengembangan kompetensi Antisipasi-Tindakan-Refleksi). Hasil kajian kesadaran dosen berbahasa Arab menunjukkan bahwa terdapat 7 keterampilan yang harus dimiliki dosen dalam melaksanakan proyek Future Education Framework 2030. 7 keterampilan yang harus dimiliki antara lain 1) Keterampilan teknologi, 2) Keterampilan kolaborasi, 3) Keterampilan komunikasi, 4) Keterampilan manajemen waktu, 5) Keterampilan penelitian, 6) Keterampilan mengajar, dan 7) Keterampilan adaptasi. Dosen bahasa Arab menunjukkan bahwa mereka mempunyai kesadaran terhadap implementasi proyek Future Education Framework 2030.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Future Educational Frammework 2030; Dosen Bahasa Arab; Kesadaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Harir Mubarok
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:15

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item