'Adhim, Rizka Maziyyah, Hidayah, Ucik Nurul, Aini, Nadia Nur and Amelia, Rizki ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4362-2371 Pengembangan E-Modul pendidikan pancasila berbasis PBL bermuatan pendidikan karakter siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Kota Batu. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.
Text
21444.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul Pendidikan Pancasila berbasis Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan pendidikan karakter untuk siswa kelas IV di MI Miftahul Ulum Batu. Latar belakang penelitian ini adalah adanya degradasi moral di Indonesia yang menekankan pentingnya penguatan pendidikan karakter sejak dini. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa memerlukan bahan ajar interaktif yang mendukung pembelajaran mandiri dan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam materi Pancasila. E-modul yang dikembangkan dilengkapi dengan
game, video, latihan, dan evaluasi online untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pengujian validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa e-modul ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, hasil uji coba kepada siswa menunjukkan respon yang positif terhadap e-modul, yang mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila
dan karakter. E-modul ini diharapkan dapat mendukung implementasi kurikulum yang berfokus pada student-centered learning dan penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning; Pendidikan Karakter; E-Modul |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools |
Depositing User: | Rizki Amelia |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 10:17 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |