Responsive Banner

Pengembangan e-book mata kuliah Etnomatematika berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) menggunakan aplikasi Fraktal

Susanti, Elly ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9528-4947, Turmudi, Turmudi and Utami, Mutiara Arlisyah Putri (2024) Pengembangan e-book mata kuliah Etnomatematika berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) menggunakan aplikasi Fraktal. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
21546.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book mata kuliah Etnomatematika berbasis pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dengan menggunakan aplikasi Frakta. Pendekatan STEAM dipilih karena mampu mengintegrasikan ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, seni, dan matematika secara holistik, sehingga mendukung pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21. Etnomatematika sebagai tema utama dalam ebook ini bertujuan untuk menghubungkan konsep matematika dengan budaya lokal, memperkaya pemahaman mahasiswa terhadap aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari dan warisan budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan uji coba produk kepada mahasiswa serta dosen mata kuliah Etnomatematika. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan respon pengguna. Implementasi e-book ini mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep etnomatematika serta memotivasi mereka untuk mempelajari matematika secara kontekstual dan interdisipliner. E-book berbasis STEAM ini memberikan kontribusi penting dalam pembelajaran modern, khususnya dalam mengintegrasikan teknologi dan budaya dalam pendidikan matematika. Penggunaan aplikasi Frakta sebagai platform pengembangan e-book juga memberikan kemudahan dalam penyajian materi yang interaktif dan menarik.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Ebook; Etnomatematika; STEAM; Frakta; Pengembangan Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Mathematics Education
Depositing User: Elly Susanti
Date Deposited: 28 Nov 2024 15:01

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item