Responsive Banner

Rebranding program studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang: Strategi dan dampaknya dalam meningkatkan relevansi dan daya tarik di era industri 4.0

Faruq, Muh. ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2522-5543, Syarofah, Alfiatus ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5161-7877, Amrullah, Hasyim, Fadli, Muhammad Fikri and Hilmi, Annafik Fuad (2024) Rebranding program studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang: Strategi dan dampaknya dalam meningkatkan relevansi dan daya tarik di era industri 4.0. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
21582.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Transformasi kurikulum lembaga pendidikan perlu dilakukan untuk mempersiapkan generasi mendatang dengan keterampilan yang sesuai tuntutan pasar kerja yang terus berubah. Karena itu, kemitraan antara pendidikan dan industri menjadi semakin penting untuk memastikan relevansi kurikulum dengan kebutuhan pasar kerja. Dalam menghadapi perubahan di era industri 4.0, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang perlu melakukan upaya rebranding untuk memastikan relevansi dan daya saing program studi dalam pasar pendidikan yang semakin terhubung dan terus berubah.

Dalam konteks daya saing, Prodi PBA UIN Malang cukup kompetitif meski sempat mengalami penurunan jumlah peminat dalam empat tahun terakhir akibat Covid-19. Meskipun demikian, Prodi PBA UIN Malang masih terbilang cukup kompetitif jika dibandingkan dengan Prodi PBA lainnya di Jawa Timur. Dalam konteks persaingan, di Jawa Timur terdapat enam PTKIN selain UIN Malang yang menyelenggarakan Prodi PBA, yaitu UIN Surabaya, UIN Jember, UIN Tulungagung, IAIN Kediri, IAIN Ponorogo, dan IAIN Madura. Jumlah ini belum termasuk Prodi PBA di perguruan tinggi umum seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah dan sebagainya. Dapat dibayangkan betapa ketat persaingan antar Prodi PBA di Jawa Timur untuk menarik minat calon mahasiswa.

Untuk meningkatkan daya tarik di tengah persaingan yang ketat tersebut maka rebranding adalah upaya tepat yang ditempuh oleh Prodi PBA UIN Malang untuk menyesuaikan nilai-nilai dan identitasnya serta menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan era digital. Rebranding Prodi PBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi langkah penting untuk meningkatkan relevansi dan daya tarik program studi dalam menghadapi peluang dan tantangan era industri 4.0.

Penelitian ini berfokus pada bentuk, proses dan implikasi rebranding Prodi PBA UIN Malang dengan pendekatan kualitatif model studi kasus. Hasilnya menunjukkan bahwa rebranding Prodi PBA UIN Malang dilakukan dalam bentuk penguatan identitas merek (brand identity) dan citra merek (brand image) yang prosesnya dijalankan dengan empat strategi yaitu (1) peningkatan prestasi akademik, (2) peningkatan prestasi non akademik, (3) penguatan komunikasi internal dan eksternal, dan (4) implementasi kerjasama dengan mitra strategis. Adapun implikasi rebranding Prodi PBA UIN Malang terhadap relevansi prodi terbilang tinggi. Berdasarkan hasil survei terhadap mahasiswa selaku pengguna layanan, sebanyak 33,8% mahasiswa merasa berbagai kegiatan di Prodi sangat sesuai dengan kebutuhan mereka, 50,7% merasa sesuai, dan hanya 15,5% yang menyatakan cukup sesuai. Sedangkan implikasi rebranding Prodi yang berkaitan dengan daya tarik diperoleh kesimpulan dari survei kepada orang tua/wali mahasiswa bahwa program studi PBA UIN Malang dikenal, dipercaya dan diminati oleh masyarakat.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Rebranding; program studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: M.A Hasyim amrullah Hasyim
Date Deposited: 29 Nov 2024 12:47

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item