Hadi, Suwono, Sri Rahayu, Lestari, Hendra, Susanto, Chen-Yun, Chang and Muhammad, Saefi Pengaruh projek-based learning miniunit mikroba terhadap penguasaan kognitif dan afektif serta berpikir tingkat tinggi siswa SMA terhadap bakteri, antibiotik, dan resistensi. Research Report. Mandiri, Malang. (Unpublished)
Text
21584.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan antibiotik yang terus berlanjut dan munculnya resistensi antibiotik telah menjadi masalah kesehatan utama di dunia. Di sisi lain, siswa tidak mempunyai pemahaman dan kesadaran dalam penggunaan antibiotik yang bijaksana. Salah satu penyebabnya, prinsip dan pengujian laboratorium untuk menentukan sensitivitas antibiotik umumnya tidak diajarkan kepada siswa SMA. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya waktu untuk membahas biologi dasar mikroorganisme dan mekanisme kerja antibiotik dalam kursus Biologi. Dengan demikian, kami mengatasi keterbatasan ini dengan mengajarkan siswa SMA tentang dasar sensitivitas antibiotik dengan project based learning mikrobia. PjBL mikrobia ini meliputi beberapa kegiatan proyek yakni mulai dari menggali masalah antibiotik di masyarakat hingga simulasi laboratorium tentang antibiotik dan pertumbuhan mikroba. Penelitian dan Pengembangan PjBL Mikrobia menggunakan langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Borg & Gall, yang terbagi menjadi tiga penelitian utama. Penelitian pertama menunjukkan bahwa kuesioner yang dikembangkan merupakan alat yang valid dan reliabel untuk menilai pengetahuan, sikap, dan praktik (KAP) penggunaan antibiotik. Penelitian kedua mengungkapkan bahwa mayoritas siswa mempuyai pengetahuan, sikap, dan persepsi yang positif terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Penelitian ketiga mengungkapkan bahwa KAP siswa setelah intervensi cukup tinggi.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Antibiotik; Project-based Learning; Mikrobia; KAP |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060599 Microbiology not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology |
Depositing User: | Muhammad Saefi |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 12:51 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |