Pengaruh media sosial dan perilaku komunitas online terhadap keputusan investasi dengan literasi keuangan digital sebagai variabel mediasi: Studi pada generasi z Muslim di Indonesia

Ningtyas, Mega Noerman ORCID: https://orcid.org/0000-0002-9509-3419, Fikriah, Nur Laili ORCID: https://orcid.org/0009-0001-6797-8607 and Pradana, Ayub Wijayati Sapta Pengaruh media sosial dan perilaku komunitas online terhadap keputusan investasi dengan literasi keuangan digital sebagai variabel mediasi: Studi pada generasi z Muslim di Indonesia. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Kota Malang. (Submitted)

[img] Text
21710.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial yang terdiri dari informasi dari media sosial dan perilaku komunitas online terhadap keputusan investasi dengan literasi keuangan digital sebagai variabel mediasi pada Generasi Z Muslim di Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah investor muda di Indonesia yang mayoritas adalah Generasi Z serta penggunaan media sosial yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Oleh karenanya, literasi keuangan digital menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan keputusan investasi yang diambil oleh mereka adalah keputusan yang bijak dan rasional. Terutama untuk menghindari risiko investasi yang tidak jelas dan ilegal. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Data dikumpulkan melalui survei dengan google form yang disebarkan kepada 175 responden yang merupakan Generasi Z Muslim dan pernah/sedang menjadi investor di pasar modal. Kami menggunakan analisis SEM-PLS untuk menguji pengaruh antar variabel laten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi dari media sosial berpengaruh signfiikan terhadap keputusan investasi baik secara langung maupun secara tidak langsung melalui literasi keuangan digital. Perilaku komunitas online juga ditemukan berpengaruh langsung meskipun pengaruh tidak langsung melalui literasi keuangan digital tidak signifikan. Dan literasi keuangan digital terbukti berpengaruh signifikan terhadap perilaku investasi. Temuan ini menegaskan pentingnya literasi keuangan digital dalam membantu Gen Z Muslim dalam membuat keputusan investasi yang lebih rasional dan sesuai dengan prinsip syariah. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dengan memperluas pemahaman akan pemanfaatan media sosial dan komunitas online dalam proses pengambilan keputusan. Secara praktis, hasil ini dapat menjadi dasar bagi pemangku kebijakan dan juga lembaga keuangan untuk merancang strategi peningkatan literasi keuangan digital.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: informasi sosial media, perilaku komunitas online, literasi keuangan digital, perilaku investasi, Gen Z muslim, Indonesia
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Mega Noerman Ningtyas
Date Deposited: 29 Nov 2024 16:22

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item