Responsive Banner

Penguatan technological pedagogy knowledge berbasis moderasi beragama melalui pelatihan pemanfaatan aplikasi Canva Pro bagi guru agama Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kecamatan Dau-Kab. Malang (sertifikat hak cipta)

Nur Toifah, M.Pd dan Supriyanto, M.Pd (2024) Penguatan technological pedagogy knowledge berbasis moderasi beragama melalui pelatihan pemanfaatan aplikasi Canva Pro bagi guru agama Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kecamatan Dau-Kab. Malang (sertifikat hak cipta). 000778037.

[img] Text
21870.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk menjelaskan proses penguatan technological pedagogy knowledge berbasis moderasi beragama melalui pelatihan pemanfaatan aplikasi canva pro bagi guru agama Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah Participatory Action Research atau yang biasa disingkat dengan PAR. Ia merupakan sebuah bentuk metode pengabdian yang berfungsi melibatkan peran stakeholders untuk ikut serta dalam menganalisa dan melakukan tindakan bersama secara langsung untuk merubah tatanan menjadi lebih baik dengan beberapa tahapan, yaitu tahapan pengorganisasian masyarakat untuk agenda riset, tahapan perencanaan tindakan aksi untuk perubahan sosial, tahapan aksi, tahapan evaluasi, dan tahapan terakhir adalah refleksi. Kegiatan pelatihan ini terdari tiga sesi, yaitu pemaparan materi yang menjelaskan proses pembelajaran yang baik dan menarik sesuai dengan kebutuhan siswa, juga mencakup materi tentang urgensi moderasi beragama dalam pembelajaran agama di SDN yang memiliki siswa beragam agama. Pemaparan materi selanjutnya tentang tata cara pengoperasionalan aplikasi canva pro sebagai salah satu media pembelajaran agama berbasis moderasi beragama di SDN, dengan harapan proses pembelajaran di SDN dapat berjalan dengan baik, menyenangkan, menarik, dan membisakan siswa. Kegiatan selanjutnya adalah diskusi yang mana para peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan, dan kegiatan terakhir adalah praktik menggunakan aplikasi canva pro dalam menyusun bahan ajar dan media pembelajaran dengan didampingi tim pengabdian.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Technological Pedagogy Knowledge; Moderasi Beragama; Canva Pro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Nur Toifah
Date Deposited: 03 Dec 2024 14:45

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item