Responsive Banner

Pengembangan LMS IPA (Fisika) Untuk Meningkatkan Literasi Siswa dan Calon Guru Madrasah Dalam Persiapan KSM

Abtokhi, Ahmad ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2328-251X, Fahmi, Hisyam ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2665-1536, Sholahuddin, Moh. and Sabrani, Ivan Bintang (2024) Pengembangan LMS IPA (Fisika) Untuk Meningkatkan Literasi Siswa dan Calon Guru Madrasah Dalam Persiapan KSM. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text (Report)
Laporan Penelitian 2024.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak untuk meningkatkan literasi sains siswa dan calon guru madrasah, khususnya dalam persiapan menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Dengan kemajuan teknologi, Learning Management System (LMS) diharapkan dapat menjadi solusi pendidikan yang interaktif dan efektif, sesuai dengan kebutuhan pembelajaran saat ini.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD). Proses dimulai dengan pengembangan LMS IPA (Fisika) yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa dan calon guru. Setelah pengembangan, LMS divalidasi oleh para ahli untuk menilai kualitas dan kesesuaian materi yang disajikan, memastikan bahwa konten yang ditawarkan relevan dan bermanfaat.
Selanjutnya, uji kepraktisan dilakukan menggunakan metode Important- Performance Analysis (IPA). Penilaian ini melibatkan umpan balik dari pengguna, yang memberikan penilaian terhadap berbagai aspek kinerja LMS. Hasilnya menunjukkan bahwa responden merasa puas dengan penggunaan LMS, dengan rata- rata nilai performa di atas 4, menunjukkan bahwa sistem ini dianggap mudah digunakan dan mendukung pembelajaran dengan baik.
Keefektifan LMS diukur melalui analisis N-Gain, yang membandingkan hasil pre-test dan post-test siswa. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap materi, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 67,83 dan post-test sebesar 84,36. Ini menunjukkan bahwa LMS efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa setelah penggunaannya.
Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa LMS IPA (Fisika) yang dikembangkan memiliki potensi besar untuk meningkatkan literasi siswa dan calon guru madrasah dalam persiapan KSM. Meskipun memiliki kevalidan dan kepraktisan yang baik, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas dan fungsionalitas sistem. Oleh karena itu, disarankan agar pengembang LMS terus melakukan perbaikan konten, berinovasi dalam fitur, dan memberikan pelatihan bagi pengguna untuk memaksimalkan manfaat dari LMS tersebut.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: LMS; IPA Fisika; Literasi sains; KSM
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Hisyam Fahmi
Date Deposited: 04 Dec 2024 15:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item